News
·
5 Mei 2021 13:39

15 Ribu Penumpang Kereta Berangkat dari Gambir dan Senen Jelang Larangan Mudik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
15 Ribu Penumpang Kereta Berangkat dari Gambir dan Senen Jelang Larangan Mudik  (210340)
searchPerbesar
Calon penumpang antre untuk memasuki Stasiun Pasar Senen di Jakarta, Minggu (2/5/2021). Foto: Dhemas Reviyanto/ANTARA FOTO
Jelang larangan mudik lebaran, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir Jakarta dipadati penumpang. Total penumpang yang berangkat pada hari ini, Rabu (5/5), di kedua stasiun itu adalah 15 ribu orang.
ADVERTISEMENT
Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, jumlah kuota penumpang yang telah berangkat sudah melampaui kapasitas maksimal 70 persen.
"Untuk hari ini terdapat sekitar 10.000 pengguna yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 5.000 dari Stasiun Gambir," ujar Eva kepada kumparan, Rabu (5/5).
Ia menambahkan, jumlah kereta api dan ketersediaan tempat duduk dalam sepekan terakhir ini tidak ada perubahan, yakni antara 17 hingga 20 kereta api. "Untuk Pasar Senen sama dengan kemarin jumlah yang berangkat 20 KA dan Gambir 17 KA," tambahnya.
Sementara itu, dalam larangan mudik, 6-17 Mei 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mengoperasikan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dengan jumlah terbatas hanya bagi pelaku perjalanan mendesak untuk kepentingan non mudik.
ADVERTISEMENT
Di wilayah Daop 1 Jakarta terdapat 7 KAJJ yang akan beroperasi,  diantaranya 4 KAJJ keberangkatan dari Stasiun Gambir dan 3 KAJJ keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dengan tujuan Tegal, Purwokerto, Purwosari, Solo, Surabaya, dan Malang.
****
Saksikan video menarik di bawah ini: