News
·
29 Januari 2021 17:02

6 Calon Jubir KPK Tak Lolos Tahap Akhir

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Calon Jubir KPK Tak Lolos Tahap Akhir (107492)
Ilustrasi KPK. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
KPK belum mempunyai juru bicara tetap dalam waktu dekat. Dalam seleksi terakhir yang dilakukan terhadap para calon juru bicara KPK, tidak ada yang lolos ke tahap akhir.
ADVERTISEMENT
"Berdasarkan informasi yang kami terima bahwa tidak ada peserta yang dinyatakan lulus ke tahap akhir," kata Plt juru bicara KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Jumat (29/1).
Pada September 2020, KPK sempat mengumumkan ada 6 orang calon jubir yang lolos tes potensi. Mereka kemudian mengikuti tahap berikutnya yaitu tes asesmen, tes bahasa inggris, dan tes kesehatan.
Tidak diketahui identitas para calon jubir itu. Hanya disebutkan kandidat terdiri dari 1 ASN pada LIPI dan 5 kandidat dari masyarakat umum.
"Setelah dilakukan beberapa tahapan seleksi dengan melibatkan pihak ketiga yang independen," ujar Ali.
Namun, tidak ada calon yang lolos ke tahap akhir. KPK pun masih membahas soal rencana seleksi selanjutnya.
"Mengenai rencana rekrutmen dan seleksi berikutnya untuk pengisian jabatan dimaksud akan kami sampaikan lebih lanjut," kata Ali.
6 Calon Jubir KPK Tak Lolos Tahap Akhir (107493)
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Febri Diansyah mengangkat kartu identitas pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai menyampaikan pengunduran dirinya sebagai pegawai dari lembaga anti korupsi tersebut di gedung KPK, Kamis (24/9). Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
Posisi jubir KPK secara definitif terakhir dipegang Febri Diansyah. Namun, ia kemudian melepas jabatan itu dan fokus menjadi Kepala Biro Humas. Belakangan, Febri Diansyah menyatakan mundur dari KPK.
6 Calon Jubir KPK Tak Lolos Tahap Akhir (107494)
Mantan Jubir KPK dan Jubir Istana yang menjadi Anggota DPR RI periode 2019-2024 dari fraksi PDI Perjuangan, Johan Budi. Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Sebelum Febri Diansyah, posisi jubir KPK dipegang lama oleh Johan Budi Sapto Pribowo.
ADVERTISEMENT
Johan melepas jabatan itu saat menjadi Deputi Pencegahan KPK. Selepas menjadi Deputi Pencegahan, Johan Budi sempat menjadi plt Pimpinan KPK. Kini, ia menjadi anggota DPR dari PDIP dan duduk di Komisi III.
6 Calon Jubir KPK Tak Lolos Tahap Akhir (107495)
Ketua KPK Firli Bahuri berfoto bersama Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah dan Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ipi Maryati dan Ali Fikri di Gedung KPK. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Untuk saat ini, posisi jubir KPK dijabat 2 orang pelaksana tugas, yakni Ali Fikri untuk bidang penindakan dan Ipi Maryati untuk bidang pencegahan.