kumparan
News23 Mei 2020 20:40

Akibat Pandemi Corona, Khofifah Tak Gelar Open House di Lebaran Kali Ini

Konten Redaksi kumparan
Update kasus corona di Jatim
Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Prawansa saat mengumumkan update kasus COVID-19, Rabu (15/4). Foto: Dok. Istimewa
Pandemi COVID-19 atau virus corona membuat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak tak menggelar open house atau halalbihalal di kediamannya pada Idul Fitri 1441 H, pada 24 dan 25 Mei.
ADVERTISEMENT
"Kita dalam masa pandemik COVID-19 dan tidak boleh ada kerumunan. Kami mohon maaf tak menggelar open house pada Lebaran tahun ini," ujar Khofifah dikutip Antara, Sabtu (23/5).
Tak hanya di kediaman pribadinya, Khofifah juga tidak akan menyelenggarakan kegiatan serupa di Gedung Negara Grahadi ataupun Kantor Gubernur Jatim. Padahal tahun-tahun sebelumnya Halalbihalal selalu digelar.
Ia menegaskan alasannya tak menggelar halalbihalal. Menurutnya, setiap kerumunan di masa pandemi ini berpotensi menjadi tempat penularan virus corona.
"Mereka bisa datang bahkan dari pelosok Jawa Timur. Sesuai protokol kesehatan saat ini juga sedang tidak boleh ada kerumunan," ucap gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.
Ketua Umum PP Muslimat NU itu, mengajak warganya agar tidak berhenti berdoa pada Idul Fitri ini. Doa meminta agar pandemi COVID-19 segera berlalu dan kehidupan kembali normal.
ADVERTISEMENT
"Kami juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh masyarakat Jatim. Mohon maaf jika ada salah maupun perbuatan," kata Khofifah.
Khofifah menyarankan agar warganya yang belum mudik tak perlu memaksakan diri untuk mudik. Ia menyarankan, silaturahmi saat ini bisa dilakukan dengan cara daring.
Hingga Sabtu (23/5), jumlah positif corona mencapai 3.595 orang. Dari jumlah tersebut kasus positif dari Orang Tanpa Gejala (OTG) mencapai angka 34 persen.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk! bantu donasi atasi dampak corona