News
·
1 Februari 2021 15:48

Amien Rais dkk Bikin Petisi: Ungkap Penembak 6 Pengawal Rizieq-Copot Fadil Imran

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Amien Rais dkk Bikin Petisi: Ungkap Penembak 6 Pengawal Rizieq-Copot Fadil Imran (269262)
Amien Rais. Foto: Youtube
Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) bentukan Amien Rais dkk membuat sebuah petisi. Petisi tersebut dimuat dalam laman change.org.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa poin tuntutan Amien Rais dalam petisi tersebut. Salah satunya meminta agar identitas pelaku penembakan terhadap 6 pengawal Rizieq Shihab diungkap ke publik.
"Menuntut agar nama-nama para pelaku pembunuhan enam anggota Laskar FPI yang dilaporkan Komnas HAM kepada Presiden Republik Indonesia segera diumumkan," kata salah satu inisiator petisi, Marwan Batubara, saat membacakan keterangan pers, Senin (1/2).
Dalam petisi tersebut, disinggung mengenai pembunuhan terhadap 6 pengawal Rizieq yang dinilai sebagai pelanggaran HAM berat. Ada juga soal upaya penggiringan opini oleh negara terhadap tewasnya 6 warga sipil itu.
Amien Rais dkk meminta Presiden Jokowi bisa bertanggung jawab atas insiden tersebut.
"Menuntut Presiden Republik Indonesia sebagai kepala pemerintahan untuk ikut bertanggung jawab atas tindakan sewenang-wenang aparat negara dalam peristiwa pembunuhan tersebut," ucap Marwan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, isi petisi itu juga menuntut Jokowi memerintahkan Kapolri memberhentikan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran sebagai anggota Polri, sehingga proses hukum kasus pembunuhan enam anggota Laskar FPI dapat dilakukan secara objektif, terbuka, dan berkeadilan.
Amien Rais dkk Bikin Petisi: Ungkap Penembak 6 Pengawal Rizieq-Copot Fadil Imran (269263)
Amien Rais di kantor Republika. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Lalu meminta DPR untuk membuat Pansus tewasnya 6 pengawal Rizieq; mendukung Tim Advokasi yang melakukan pelaporan kepada international Criminal Court di Den Haag dan Committee Against Torture di Geneva; hingga meminta maaf dan memberikan ganti rugi kepada keluarga korban.
Petisi tersebut ditujukan kepada Presiden Jokowi; DPR RI; ICC; Committee Against Torture; dan seluruh masyarakat Indonesia.
Dilihat dalam laman Change.org, petisi tersebut dibuat pada hari ini, Senin (1/2) bertajuk Petisi Rakyat untuk Penuntasan Peristiwa Pembunuhan Enam Laskar FPI oleh Aparat Negara. Daftar inisiator petisi tersebut berjumlah 131 orang, termasuk Amien Rais.
ADVERTISEMENT
Dilihat kumparan pada pukul 15.34 WIB, petisi tersebut sudah ditandatangani oleh 265 orang.
kumparan sudah mencoba meminta tanggapan Komnas HAM dan Polri soal petisi ini.