Bandara Kenyam di Nduga Papua Diserang KKB, 5 Tembakan Terdengar

23 Juni 2023 12:50 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi TNI buru KKB Papua. Foto: Pupspen
ADVERTISEMENT
Satgas Kopasgat Pos Kenyam di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Pegunungan diserang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Kamis (22/6) sekitar pukul 09.45 WIT.
ADVERTISEMENT
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny menjelaskan, kejadian bermula ketika dua tim dari Satgas Kopasgat hendak melakukan pengamanan di Bandara Kenyam.
"Pada saat 1 tim menuju ke lokasi area landasan tiba-tiba terdengar 5 kali bunyi tembakan dari arah jam 12 Pos Pam Bandara," ujar Benny dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/6).
Sesaat tembakan terdengar, personel Satgas Kopasgat kemudian melepaskan tembakan balasan. Mereka langsung melakukan pengejaran kepada KKB tersebut.
"Aparat gabungan TNI-Polri langsung melakukan pengejaran di sekitaran area Kwari, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," ungkapnya.
Namun pengejaran belum membuahkan hasil. Pencarian terhadap para pelaku masih terus dilakukan.
Kendati demikian, Benny memastikan, situasi di Bandara Kenyam saat ini telah kembali kondusif.
ADVERTISEMENT
"Sampai saat ini aparat gabungan masih melaksanakan siaga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi kembali," kata Benny.
Sementara itu, Kasatgas Damai Cartenz, Kombes Faizal Ramadhani menilai, aksi penyerangan yang dilakukan KKB diduga untuk menunjukkan eksistensi seusai Edison Gwijangge dilantik menjadi Pj Bupati Nduga.
"Pelakunya diduga mereka (KKB) yang berbasis di Nduga, mereka cari perhatian karena ada Pj Bupati yang baru," pungkasnya.