Banyak Kondom di RTH Tubagus Angke, Satpol PP Klaim Tak Temukan Prostitusi

6 Mei 2024 19:59 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bungkus kondom dan suasana di sekitar RTH Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat, pada Kamis (2/5/2024) Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Bungkus kondom dan suasana di sekitar RTH Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat, pada Kamis (2/5/2024) Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kondom bekas pakai banyak ditemukan di RTH Tubagus Angke, Jakarta Barat (Jakbar). Namun Satpol PP Jakbar memastikan tidak pernah menemukan praktik prostitusi di sekitar kawasan tersebut.
ADVERTISEMENT
Hal itu disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat, Agus Irwanto, saat dihubungi, Senin (6/5).
"Situasinya sebenarnya tidak seheboh yang dibayangkan. Selama pengamatan kami tidak ada itu (praktik prostitusi). Kalau sampai seheboh yang dibilang praktik prostitusi, praktik ini itu, terkesan kayak ada sebuah tempat dilokalisir, tidak ada itu," ujar Agus.
Agus mengatakan, selama patroli penertiban di wilayah RTH Tubagus Angke, pihaknya langsung mengamankan bangunan terlarang seperti tenda PKL dan tenda warung. Namun ia mengaku, selama penertiban belum ada pihak atau orang yang diamankan.
"Kita tidak temukan, bukan tidak ada praktik prostitusi. Jadi pemahamannya kan beda, tidak ada prostitusi dengan tidak kita temukan kan beda," ucap Agus.
"Mereka kan begitu, ketika anggota sedang bergeser, mereka masuk. Ketika kembali ke sana mereka pergi. Selama kita melakukan pengetatan ini, ya tidak ada kita temukan itu, sudah kita antisipasi," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Agus mengatakan, Satpol PP Jakarta Barat rutin menggelar penertiban di kawasan RTH Tubagus Angke. Salah satunya dengan membuat posko pengendali yang berkoordinasi dengan jajaran Kecamatan hingga TNI-Polri.
"Setiap hari rutin, dengan patroli, dengan membuat posko. Posko ini posko pengendali, gabungan dengan jajaran Kecamatan, Satpol PP Kota, dan SKDM juga TNI Polri," pungkasnya.
Suasana di sekitar RTH Tubagus Angke, Jakarta Barat, Senin (6/5/2024). Foto: Fadlan Nuril Fahmi/kumparan
Sebelumnya, Satpol PP Provinsi DKI Jakarta telah mendirikan tiga posko keamanan di sekitar Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat. Posko ini untuk mencegah kasus asusila kembali terjadi di RTH tersebut, seperti yang sebelumnya dilaporkan oleh masyarakat.
Selain banyak kondom, ditemukan pula sampah tisu bekas pakai, bungkus rokok, hingga gelas plastik yang berserakan di kawasan RTH Tubagus Angke.
ADVERTISEMENT
Imbas penemuan itu, Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto, langsung melarang warga nongkrong di sana.
"Saya segera minta ke Sudin Tamhut (Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota) untuk segera tindak lanjuti kondisi taman itu. Jadi, taman untuk dilintasi aja. Jadi, paling tidak, di situ tak ada ruang buat nongkrong-nongkrong, buat ditanami saja," kata Uus, Rabu (1/5).
Sementara itu, dugaan prostitusi liar disampaikan Camat Grogol Petamburan, Agus Sulaeman. Dia mengaku sudah kerap menggelar razia, namun informasinya sering bocor.
"Kalau kegiatan rutin, kami penertiban sudah rutin, cuma kadang-kadang penertiban itu juga bocor, jadi tidak efektif," kata Agus.
Oleh karena itu, pihaknya berencana melakukan penertiban secara diam-diam.