Bey Machmudin Minta Pj Kepala Daerah di Bandung Kebut Tangani Masalah Sampah

20 September 2023 12:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Suasana pelantikan Pejabat (Pj) Wali Kota dan Bupati di Gedung Sate, Kota Bandung. Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Suasana pelantikan Pejabat (Pj) Wali Kota dan Bupati di Gedung Sate, Kota Bandung. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, melantik dua penjabat kepala daerah di Bandung. Keduanya yakni Bambang Tirtoyuliono selaku Pj Wali Kota Bandung dan Arsan Latif selaku Pj Bupati Bandung Barat.
ADVERTISEMENT
Dalam pelantikan itu, Bey berpesan kepada keduanya untuk segera menangani masalah terkait dengan sampah.
Sebab, menurut Bey, darurat sampah sedang terjadi di dua wilayah tersebut, bahkan tumpukan sampah memicu kebakaran yang terjadi di TPA Sarimukti. Akibat kebakaran, operasional TPA Sarimukti sampai sekarang belum kembali optimal.
"Khusus Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat mohon diperhatikan masalah sampah, itu harus menjadi fokus utama, karena kita tahu bahwa saat ini masih darurat sampah," kata Bey di Gedung Sate, Kota Bandung, pada Rabu (20/9).
Menanggapi arahan dari Bey, Bambang mengaku bakal segera berkoordinasi dengan instansi terkait terutama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkot Bandung dapat menangani persoalan itu.
"Saya sudah tahu sepintas tapi mungkin siang hari ini barangkali saya akan mencoba berkomunikasi dengan kawan-kawan yang menangani sampah dalam hal ini DLH," ungkap dia.
ADVERTISEMENT
"Mudah-mudahan tentunya saya masih belum bisa berbuat banyak, tapi beberapa arahan itu akan menjadi sebuah catatan penting yang harus kita selesaikan secara bersama-sama dengan tim," lanjut dia.
Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Total ada enam Pj Wali Kota dan Bupati yang dilantik di Gedung Sate. Enam nama Pj itu di antaranya Gani Muhammad yang akan menjabat selaku Pj Wali Kota Bekasi, Kusmana Hartadji yang akan menjabat selaku Pj Wali Kota Sukabumi dan Bambang Tirtoyuliono yang akan menjabat selaku Pj Wali Kota Bandung.
Kemudian, Arsan Latif yang akan menjabat selaku Pj Bupati Kabupaten Bandung Barat, Herman Suryatman selaku Pj Bupati Sumedang, dan Benny Irwan yang akan menjabat selaku Pj Bupati Purwakarta.