kumparan
16 Jan 2019 14:54 WIB

Daftar Serangan Al-Shabaab di Kenya Sejak 2013

Kelompok teroris Somalia, Al-Shabaab. (Foto: AFP/MOHAMED MOKHTAR)
Kelompok teroris Al-Shabaab tengah melakukan serangan di Nairobi, Kenya, dan telah menewaskan sedikitnya 15 orang. Serangan kali ini menjadikan Kenya langganan serangan terorisme Al-Shabaab.
ADVERTISEMENT
Berasal dari Somalia, Al-Shabaab marah kepada Kenya yang mengirimkan pasukan untuk mendukung pemerintahan yang diakui internasional di Mogadishu. Al-Shabaab sempat menguasai sebagian besar Somalia hingga akhirnya tersingkir pada 2010 oleh 20 ribu pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika.
Sejak saat itu, Al-Shabaab kerap menyeberang ke negara tetangga, Kenya, dan melakukan serangan. Berikut adalah beberapa serangan besar yang pernah dilakukan Al-Shabaab di Kenya, menewaskan lebih dari 100 orang.
2013 - Serangan Mal Nairobi
Pada September 2013, kelompok bersenjata Al-Shabaab menyerbu Westgate Mall di Nairobi. Mereka menembaki warga di dalamnya, menewaskan 67 orang.
Sebanyak 175 orang terluka dalam peristiwa itu. Empat orang pelaku akhirnya berhasil dibunuh. Peristiwa ini disaksikan oleh dunia karena para korban tewas berasal dari 12 negara.
Pasukan khusus keamanan Kenya melindungi warga di komplek hotel di Westlands Nairobi (15/1/19). (Foto: AFP/Luis TATO )
2014 - Pembajakan Bus di Mandera
ADVERTISEMENT
Pada November 2014, para anggota Al-Shabaab membajak sebuah bus di kota Koromey, Mandera. Mereka lantas mengeksekusi mati 28 penumpang yang beragama Kristen.
Juru bicara Al-Shabaab Sheikh Ali Mohamud Rage mengatakan, serangan tersebut dilakukan sebagai balas dendam atas penindasan pemerintah terhadap Muslim.
2015 - Serangan ke Garissa University
Kelompok Al-Shabaab pada April 2015 menyerang kampus Garissa University di kota Garissa. Sebanyak 148 orang tewas dalam serangan membabi buta ini, 79 lainnya terluka.
Mereka juga menyandera 700 mahasiswa. Penyanderaan berakhir setelah empat pelakunya ditembak mati tentara, seorang pelaku kabur namun akhirnya berhasil ditangkap.
Sejumlah pasukan khusu Kenya tiba di lokasi ledakan dan seranga teroris di Nairobi, Kenya, (15/1/19). (Foto: AFP/Yasuyoshi CHIBA)
2016 - Serangan ke Pangkalan Militer
Serangan kali ini bukan dilakukan di Kenya, tapi mengincar pangkalan militer di Somalia yang dijalankan tentara Kenya. Pada Januari 2016, militan Al-Shabaab menyerang pangkalan militer Uni Afrika di Leego, dekat Mogadishu.
ADVERTISEMENT
Sebanyak 30 tentara tewas dalam serangan tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan