kumparan
search-gray
News30 April 2019 18:29

Dirjen PAS soal Setnov di Restoran Padang: Cari Angin Usai Diperiksa

Konten Redaksi kumparan
Sidang Setya Novanto
Setya Novanto Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Nama mantan Ketua DPR Setya Novanto kembali menjadi bahan perbincangan hangat masyarakat. Bagaimana tidak, terpidana korupsi yang tengah menjalani hukuman penjara tersebut tiba-tiba muncul di salah satu restoran masakan Padang di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.
ADVERTISEMENT
Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, membenarkan mengenai keberadaan Setnov di lingkungan RSPAD itu. Menurut Utami--sapaan Sri Puguh--, Setnov memang sedang menjalani perawatan di sana. Utami pun memberikan alasan mengapa Setnov terlihat di rumah makan itu.
"Jadi abis diperiksa terus jalan nyeruntul (tiba-tiba, -red) gitu, sebentar mau angin-angin, terus rupanya duduk di situ," ujar Utami di kantornya, Selasa (30/4).
Rumah makan Padang Sari Ratu
Rumah makan Padang Sari Ratu, lokasi diduga Setya Novanto makan siang. Foto: Lutfan Darmawan/kumparan
Pemeriksaan kesehatan Setnov di RSPAD, menurut Utami, didasarkan pada hasil pemeriksaan dokter Lapas Sukamiskin. Hasil pemeriksaan mengharuskan Setnov melakukan kontrol kesehatan pada 24 April hingga akhirnya diputuskan rawat inap.
"Memang ada catatan dokter RSPAD tanggal 24 April (Setnov) diminta kontrol. Jadi itu dasarnya, terus dokter di lapas Sukamiskin juga melakukan pemeriksaan dan memang harus kembali ke RSPAD," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya diperiksa, Setnov pun turut menjalani rawat inap sampai waktu yang belum ditentukan. Rawat inap terhadap Setnov, lanjut Utami, didasarkan pada beberapa catatan kesehatan yang diberikan dokter.
"Ada pemeriksaan akhir yang bersangkutan harus rawat inap disana. Ada beberapa catatan kesehatan cuma saya enggak tahu karena pakai bahasa medis ya," ucap Utami.
Terkait berapa lama penahanan Setnov harus dibantarkan, Utami menuturkan pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan tim dokter RSPAD.
"Tergantung nanti dokter memberikan rekomendasi seperti apa. Kalau sehat, dia harus kembali ke lapas. Jadi kita tinggal menunggu rekomendasi dokter untuk dikembalikan lagi ke Lapas Sukamiskin," kata Utami.
Terkait kemungkinan adanya penyimpangan yang terjadi dengan keberadaan Setnov di restoran padang, Utami mengaku sudah membentuk tim. Tim tersebut akan memeriksa petugas lapas yang mengawal Setnov di sana.
ADVERTISEMENT
"Kami sudah membentuk tim untuk memeriksa pegawai kami, kan di sana ada pengawal," ujar dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white