kumparan
5 Desember 2019 5:16

Fakta Perceraian UAS dengan Istrinya

Ustad Abdul Somad (UAS), POTRAIT
Ustad Abdul Somad (UAS). Foto: Antara
Kabar mengejutkan datang dari Ustaz Abdul Somad (UAS). UAS yang selama ini tak pernah mengumbar kehidupan pribadinya, tiba-tiba resmi bercerai dengan istrinya, Mellya Juniarti Binti Asman (29).
ADVERTISEMENT
Putusan perceraian itu sudah dikeluarkan oleh Pengadilan Agama Klas 1B Bangkinang, Kampar, Riau. Hal tersebut juga sudah dibenarkan oleh petugas pengadilan maupun pengacara UAS.
UAS dan Melya Juniarti menikah pada 20 Oktober 2012 di Baserah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Pernikahan keduanya tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kuantan Hilir.
Proses persidangan cerai UAS ini berlangsung sejak akhir Juli 2019. Saat itu ustaz kondang tersebut menyerahkan surat kuasa kepada tim yang diketuai Hasan Basri.
Berikut kumparan rangkum seputar fakta perceraian UAS dengan istrinya:
Ustaz Abdul Somad, Ustaz Somad, Aceh
Ustad Abdul Somad (UAS) memberikan tausyiah pada tabliq akbar di Lapangan Hiraq, Lhokseumawe, Aceh, Minggu (19/8/2018). Foto: ANTARA FOTO/Rahmad
  • Putusan Cerai Dikeluarkan oleh PA Bangkinang
Informasi UAS bercerai dengan istrinya, Mellya Juniarti, pertama kali diketahui dari Pengadilan Agama Klas 1B Bangkinang, Riau. Pembacaan vonis telah dilakukan majelis hakim pada Selasa (3/12).
ADVERTISEMENT
"Ini urusan rumah tangga, tak usah ditanggapi. Apalagi perceraian ini sidangnya tertutup, bukan terbuka untuk umum," kata Hasan Basri, pengacara UAS.
Hasan Basri hanya memberikan keterangan singkat. Sebab, ia sudah dipesan UAS untuk tidak menjelaskan apa permasalahan menimpa biduk rumah tangganya.
"Tidak cocok lagi. Ya itu jalannya berpisah. Kita ini kan manusia, manusiawi," kata Hasan Basri.
Hasan juga mengaku sudah menerima salinan putusan dari PA Bangkinang. kumparan juga sudah mencoba mengkonfirmasi hal ini ke pengacara sang istri, Nurhasmi, namun belum ada jawaban.
Lipsus, Duel Kedua Jokowi-Prabowo, Ustaz Abdul Somad di Banda Aceh
Ustaz Abdul Somad di Banda Aceh Foto: Zuhri Noviandi/kumparan
  • Menempuh 11 Kali Sidang
Sebelum sidang putusan cerai, PA Bangkinang sudah 11 kali menggelar sidang perceraian UAS dengan istrinya. Hal itu disampaikan Humas PA Klas IB Bangkinang, Muliyas.
ADVERTISEMENT
"Perkara perceraian tersebut sudah dilakukan 11 kali proses sidang, termasuk di dalamnya diawali proses mediasi," ungkap Muliyas.
Lipsus Guru Bajang
Gubernur NTB, TGB Muhammad Zainul Majdi (tengah), bersama Aa Gym (kiri) dan Ustaz Abdul Somad (kanan). Foto: Instagram @tuangurubajang
  • UAS Tak Hadir dalam Sidang Putusan Cerai
Muliyas mengatakan, saat putusan cerai dibacakan oleh Majelis Hakim, UAS tak hadir. Ia hanya diwakili oleh tim kuasa hukumnya yang diketuai Hasan Basri.
"Saat putusan dibacakan hakim kemarin hanya dihadiri kuasa hukum pemohon," kata Muliyas.
Dalam putusan yang dibacakan Ketua Majelis Hakim Abdul Hakim dengan hakim anggota, Ermida Yustri, dan Syofyan Nasution. Dibantu Nurazmi, sebagai panitera pengganti, cerai talak jatuh.
Sementara itu, menurut informasi yang dihimpun kumparan, Mellya Juniarti binti Asman datang terlambat bersama kuasa hukumnya, Nurhasmi, SH, sehingga tidak sempat mendengarkan sidang putusan.
Prabowo, Ustaz Abdul Somad, Pemilu
Prabowo Subianto bertemu dengan Ustaz Abdul Somad (UAS) membincangkan kondisi umat dan Pemilu Foto: Dok. BPN
  • Pengadilan Memberikan Waktu 14 hari kepada UAS untuk Mempertimbangkan Kembali
ADVERTISEMENT
PA Bangkinang telah mengabulkan gugatan cerai UAS ke istrinya, Mellya Juniarti. Namun, pengadilan masih memberikan waktu 14 hari untuk UAS berpikir apakah sudah bulat dengan keputusannya.
"Walau sudah jatuh kata cerai, namun UAS masih punya waktu 14 hari untuk berpikir apakah menerima putusan tersebut atau lakukan upaya hukum lainnya," kata Muliyas.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan