News
·
9 November 2020 2:17

Gli Kucing Penghuni Hagia Sophia Mati

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gli Kucing Penghuni Hagia Sophia Mati (811892)
searchPerbesar
Gli, kucing yang tinggal di Hagia Sophia, Istanbul, Turki. Foto: MURAD SEZER/REUTERS
Masih ingat dengan Gli si kucing gembul yang menjadi penghuni Hagia Sophia? Kucing lucu itu kini telah tiada. Gli mati usai menjalani perawatan di klinik hewan swasta di Levent, Istanbul, Turki.
ADVERTISEMENT
Kabar sedih itu pertama kali disampaikan oleh Gubernur Istanbul, Ali Yerlikaya dalam Twitternya. Ia mengatakan Gli mati setelah menjalani perawatan sejak 24 September 2020.
"Kucing Hagia Sophia Gli, yang telah dirawat di klinik hewan swasta di Levent sejak 24 September, sayangnya mati karena usianya yang sudah tua," kata Ali dalam akun Twitternya dikutip pada Senin (9/11).
"Kami tidak akan pernah melupakan Anda Gli," tambah Ali.
Gli merupakan penghuni tetap Hagia Sophia. Ia sudah berada di bangunan itu sejak masih menjadi museum. Hagia kini telah dialih fungsikan sebagai masjid.
Kucing abu-abu dengan mata hijau itu selama ini menjadi favorit para pengunjung Hagia Sophia, termasuk mantan Presiden AS Barack Obama. Obama pernah membelai Gli dalam kunjungannya pada tahun 2009.
ADVERTISEMENT
Nama Gli sempat ramai diperbincangkan pada Juli lalu. Hal itu terkait rencana alih fungsi Hagia Sophia sebagai masjid. Masyarakat Turki mempertanyakan apakah Gli masih bisa tinggal di bangunan tua tersebut. Hal itu kemudian dijawab oleh Ibrahim Kalin, juru bicara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
"Kucing itu menjadi sangat terkenal, tidak ada yang seterkenal itu sebelumnya. Kucing itu akan ada di sana, dan semua kucing dipersilakan ke masjid kami," kata Kalin.
Gli juga memiliki akun Instagram dengan nama @hagiasophiacat. Pengikutnya mencapai 118 ribu. Pembuat akun tersebut ialah Umut Bahceci, seorang pemandu wisata. Sebuah foto dengan keterangan perpisahan pun dimuat oleh akun tersebut.
"Saya lahir di Hagia Sophia, Jantung Dunia. Saya baru saja mengucapkan selamat tinggal pada kehidupan ini di mana saya bertemu jutaan orang yang datang ke Jantung Dunia dengan cinta dan menjadi cermin dari cahaya cinta," tulis akun Gli.
ADVERTISEMENT
"Terima kasih untuk semua orang yang memiliki jejak kaki saya di hati mereka," tambahnya.