kumparan
25 Maret 2019 19:26

Hakim Palguna Pilih Mundur, Aswanto Kembali Jabat Wakil Ketua MK

Wakil Ketua MK terpilih, Aswanto, I Dewa Gede Palguna
Wakil Ketua MK terpilih, Aswanto (kiri), bersama I Dewa Gede Palguna, kandidat yang mengundurkan diri. Foto: Muhammad Darisman/kumparan
Hakim konstitusi Aswanto akhirnya terpilih sebagai Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2019-2021. Ia terpilih setelah calon lainnya, I Dewa Gede Palguna, mengundurkan diri jelang voting ketiga.
ADVERTISEMENT
Dengan demikian, Aswanto menjabat untuk kedua kalinya sebagai Wakil Ketua. Sebelumnya ia pernah terpilih sebagai wakil ketua periode 2018-2020. Akan tetapi jabatannya meski berakhir karena masa baktinya habis pada 21 Maret 2019.
Namun karena ia terpilih lagi sebagai hakim MK dari unsur DPR, Aswanto maju lagi sebagai wakil ketua dan terpilih.
“Dengan ditetapkannya Yang Mulia Aswanto sebagai Wakil Ketua MK 2019-2021, selesai pula Rapat Pleno Hakim (RPH) kali ini,” ujar Ketua MK, Anwar Usman, diiringi ketukan palu, Senin (25/3).
Sebelumnya, RPH MK telah digelar pada Jumat (22/3). Sidang kemudian diskors hingga Senin (25/3) pukul 16.00 WIB karena 9 hakim MK belum sepakat.
Peserta seleksi calon Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Aswanto
Peserta seleksi calon Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Aswanto menyampaikan pendapatnya saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon Hakim MK oleh Komisi III DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (7/2/2019). Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Musyawarah pun dilanjutkan, akan tetapi tak memperoleh nama. Akhirnya dua nama disepakati maju yakni Aswanto dan Palguna.
ADVERTISEMENT
Dalam dua kali voting, keduanya mendapat suara imbang 4-4. Di pemilihan pertama satu suara abstain, dan di pemilihan kedua satu suara tidak sah.
Akhirnya jelang voting yang ketiga, Palguna memutuskan mundur dari pencalonan dengan alasan masih banyak agenda lain yang mesti dilakukan MK.
 Sidang Pemeriksaan Pendahuluan Perkara Pengujian UU
Hakim Mahkamah Konstitusi, I Dewa Gede Palguna Foto: Fitra Andrianto/kumparan
“Saya berpikir karena dua kali memperoleh hasil yang sama, mengingat waktu dan Mahkamah Konstitusi ada banyak pekerjaan, maka saya menarik diri dari pencalonan,” ujar Palguna.
Seluruh hakim MK kemudian mengucapkan terima kasih kepada Palguna. Mereka mengapresiasi serta mengatakan sikap Palguna sebagai sikap negarawan.
Aswanto juga mengutarakan hal yang sama. Ia bahkan mengatakan yang menang ialah hakim Palguna.
“Saya tidak bisa berkata apa-apa kecuali saya ingin menyampaikan bahwa yang menang hari ini adalah Pak Palguna. Beliaulah yang lebih awal menyampaikan kenegarawanannya. Insyaallah Yang Mulia Pak Palguna masih ada waktu 10 bulan. Saya akan berguru, saya tidak akan mengecewakan Bapak,” kata Aswanto menanggapi pengunduran diri Palguna.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, MK akan menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah Wakil Ketua MK periode 2019-2021 pada Selasa (26/3) pukul 10.00 WIB di Gedung MK.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan