kumparan
2 Januari 2020 17:00

Hoaxbuster: Anies Selfie Senyum Tahun 2018 di Postingan Guntur Romli

Cuitan @GunRomli soal selfie Anies dan Bima Arya, REVISI
Cuitan @GunRomli soal selfie Anies dan Bima Arya di tengah bencana banjir Jakarta. Foto: Twitter /@GunRomli
Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Mohamad Guntur Romli, menjadi perbincangan warganet, setelah memposting foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wali Kota Bogor Bima Arya di akun @GunRomli di Twitter.
ADVERTISEMENT
Di foto itu, Anies tampak mengambil gambar (selfie) sambil tersenyum di pinggir Bendung Katulampa, Bogor.
Unggahan tersebut ramai lantaran @GunRomli menambahkan cuitan seolah-olah itu merupakan foto terkini. Yakni, kala warga Jakarta tengah dilanda bencana banjir.
“Cengar cengir selfie di tengah warga Jakarta yang kebanjiran,” bunyi cuitan @GunRomli bertanggal 2 Januari 2020 pukul 11.10 WIB dengan lampiran gambar Anies-Bima Arya sedang selfie.
kumparan pun menelusuri kebenaran konteks foto tersebut. Hasilnya dalam dua hari terakhir tidak ada agenda Anies dan Bima Arya bertemu di Bendung Katulampa, Bogor.
Hoaxbuster Cuitan @GunRomli
Hoaxbuster Cuitan @GunRomli soal selfie Anies dan Bima Arya di tengah bencana banjir Jakarta. Foto: Twitter /@GunRomli
Pada Rabu (1/1) Anies diketahui berkegiatan meninjau sejumlah lokasi banjir. Di antaranya ke Pintu Air Manggarai pukul 09.00 WIB lalu ke Cipinang Melayu. Sorenya, Anies bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Kepala BNPB Doni Monardo memantau banjir dengan helikopter.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, Kamis (2/1), Anies kembali meninjau titik-titik banjir di wilayah Jakarta. Mantan Mendikbud itu memulai peninjauan di Kantor Wali Kota Jakarta. Kemudian ia ikut nyemplung ke lokasi banjir yang tingginya sepaha di Rusun Pesakih, Daan Mogot, Jakarta Barat, menemui para pengungsi.
Sementara foto Anies dan Bima Arya di Bendung Katulampa diambil pada 12 Februari 2018. Tepatnya, saat keduanya meninjau Bendung Katulampa yang beberapa minggu sebelumnya berstatus siaga akibat hujan deras.
Saat itu kumparan menuliskannya dengan judul: Saat Anies dan Bima Arya Ajak Warga Selfie di Bendung Katulampa, Bogor
Foto yang diunggah @GunRomli itu diambil ketika Anies akan mengakhiri tinjauannya. Ia sempat mengajak warga dan wartawan berfoto bersama. Namun para wartawan justru memintanya untuk berselfie. Akhirnya Anies, Bima Arya, warga, serta wartawan yang hadir selfie.
ADVERTISEMENT
Setelah foto tersebut diunggah, warganet merespons cuitan Guntur Romli tersebut dengan menyebut sebagai postingan hoaks karena menggunakan foto tahun 2018.
"Akun centang biru sengaja sebar hoax demi kepentingan politik menjatuhkan lawan politik nya," tulis akun @Vadlanisme.
"Foto tahun 2018 pun di pakai hanya untuk memuaskan nafsu kebencian menyerang pak Anies," cuit akun @AbdRachim12.
Update Kamis (2/1): kumparan telah meminta konfirmasi mengenai maksud cuitan Guntur Romli. Berikut klarifikasi dari pemilik akun @GunRomli tersebut:
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan