News
·
20 Januari 2021 12:12

Hormat Jenderal Idham Azis ke Sang Suksesor Komjen Listyo Sigit di DPR

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hormat Jenderal Idham Azis ke Sang Suksesor Komjen Listyo Sigit di DPR (23456)
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kiri) melakukan salam komando dengan Kabareskrim Polri Inspektur Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan). Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Posisi Kepala Kepolisian Republik Indonesia akan kembali diserahterimakan setelah Jenderal Idham Azis pensiun akhir Januari ini. Ialah Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo yang akan mengisi posisi Kapolri selanjutnya.
ADVERTISEMENT
Listyo Sigit pun tengah menjalani serangkaian fit and proper test bersama Komisi III DPR. Dalam kesempatan ini, Listyo turut diantar dan didampingi sejumlah pejabat Polri, termasuk Idham.
Hormat Jenderal Idham Azis ke Sang Suksesor Komjen Listyo Sigit di DPR (23457)
Fit and Proper Test Kapolri di DPR RI. Foto: Dok. DPR RI
Ada hal menarik saat Idham mengantar Listyo memasuki ruang Komisi III. Idham memberi hormat kepada calon suksesornya itu sebelum dimulainya fit and proper test. Listyo pun membalas hormat pimpinannya tersebut.
Idham mengatakan, sikapnya mengantar dan memberi hormat kepada Sigit adalah bagian dari pembelajaran kepada para junior dan membuktikan proses regenerasi di Polri berjalan baik dan solid.
"Ini saya lakukan untuk memberi pelajaran kepada generasi Polri bahwa pergantian kepemimpinan Polri itu adalah suatu keniscayaan. Untuk memberi gambaran bahwa institusi Polri regenerasinya berjalan dengan baik dan mulus," kata Idham.
Hormat Jenderal Idham Azis ke Sang Suksesor Komjen Listyo Sigit di DPR (23458)
Fit and Proper Test Kapolri di DPR RI. Foto: Dok. DPR
Idham pun berharap sikapnya ini bisa dicontoh dan terus diterapkan saat pencalonan Kapolri yang baru di masa-masa mendatang.
ADVERTISEMENT
"Dengan saya mengantar beliau (Listyo Sigit) ini merupakan tradisi baru yang harus kita tumbuh kembangkan dan jadi pembelajaran bagi generasi Polri berikutnya sehingga dalam internal solid," ujarnya.
Hormat Jenderal Idham Azis ke Sang Suksesor Komjen Listyo Sigit di DPR (23459)
Fit and Proper Test Kapolri di DPR RI. Foto: Dok. DPR
Saat ini, Listyo masih menjelaskan isi makalah pencalonannya. Beberapa di antaranya terkait upaya-upaya yang akan dilakukannya usai menjabat Kapolri.
Seperti masalah penanganan tindak pidana terorisme hingga sikap tegas terhadap anggota Polri yang bermain-main dengan narkoba.