kumparan
20 Februari 2019 18:15

Infografik: Membandingkan Kekuatan Militer India dan Pakistan

Kekuatan Militer India dan Pakistan Foto: Basith Subastian/kumparan
India dan Pakistan saling ancam akibat konflik di Kashmir. Kedua negara sama-sama memiliki kekuatan militer yang mumpuni, namun senjata pamungkas mereka adalah senjata nuklir.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan data International Institute for Strategic Studies (IISS) India memiliki tentara yang lebih banyak, yaitu 1,2 juta personel, sementara Pakistan hanya 560 ribu.
Namun menurut IISS kemampuan tempur angkatan darat India memiliki keterbatasan logistik, perawatan, kurangnya amunisi hingga suku cadang senjata.
Rudal Agni India. Foto: AFP/RAVEENDRAN
Patut diakui, India memang lebih unggul dalam kemiliteran dibanding Pakistan. Namun kekuatan terbesar Pakistan adalah senjata nuklir, yang sedikit lebih banyak dibanding India.
Hulu ledak nuklir Pakistan bisa dipasangkan di rudal jarak menengah dan dekat yang dibuat bekerja sama dengan China. Pakistan juga memiliki rudal jarak jauh Shaheen 2 yang bisa mencapai jarak hingga 2.000 km.
India tidak kalah dalam teknologi rudal. Rudal nuklir mereka Agni-3 bisa melesat hingga ke jarak 3.000 km. Berikut infografik perbandingan militer kedua negara:
ADVERTISEMENT
Kekuatan Militer India dan Pakistan Foto: Basith Subastian/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan