News
·
13 Februari 2021 21:29

Ini Alumni ITB yang Dukung Laporkan Dekan Fakultas Teknik Industri ke KASN

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Alumni ITB yang Dukung Laporkan Dekan Fakultas Teknik Industri ke KASN (50684)
Institut Teknologi Bandung. Foto: Dok. ITB
Din Syamsuddin dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) karena tuduhan radikalisme oleh Gerakan Anti Radikalisme Institut Teknologi Bandung (GAR ITB). Namun, Din bukanlah satu-satunya yang dilaporkan oleh GAR ITB.
ADVERTISEMENT
Adalah seorang dekan sekaligus guru besar Fakultas Teknik Industri ITB bernama Brian Yuliarto yang ikut dilaporkan ke KASN.
Juru bicara GAR, Shinta Madesari, mengungkapkan Brian dilaporkan karena dianggap tidak netral atas masa lalunya yang sebagai kader PKS.
"Iya betul (melaporkan Brian)," kata Shinta saat dihubungi, Sabtu (13/2).
Selain itu, berdasarkan informasi yang diterima GAR, Brian diketahui pernah menjabat sebagai Ketua Pusat Informasi dan Pelayanan Partai Keadilan Sejahtera (PIP PKS) Jepang pada tahun 2004. Beberapa bukti keterlibatan Brian pun dilampirkan, seperti kehadirannya dari Tokyo hingga Hamamatsu.
Padahal, Brian sebagai seorang PNS dilarang berasal dari partai politik.
"GAR ITB menduga bahwa Rektor ITB tidak memiliki informasi mengenai keterkaitan Terlapor dengan partai politik PKS, sehingga Rektor ITB tanpa ragu-ragu telah memilih serta melantik Terlapor untuk menjabat sebagai Dekan FTI ITB tersebut," jelas Shinta.
ADVERTISEMENT
Dalam surat pelaporan DAR ke KASN, terdapat data sejumlah alumni ITB yang masuk bagian dari orang yang ikut mendukung laporan tersebut. Berikut daftarnya: