kumparan
7 November 2018 8:10

Italia Berencana Bawa Kabur Tersangka Penista Agama Keluar Pakistan

Asia Bibi
Asia Bibi. (Foto: AFP/ARIF ALI)
Pemerintah Italia menyatakan akan menolong Asia Bibi yang divonis mati karena menista agama untuk keluar dari Pakistan.
ADVERTISEMENT
Kehidupan Bibi saat ini berada dalam ancaman besar. Sebab, Mahkamah Agung Pakistan telah membebaskan dirinya dari vonis mati.
Keputusan membebaskan Bibi memicu unjuk rasa besar di beberapa kota di Pakistan. Bibi terindikasi akan segera meninggalkan Pakistan untuk menyelamatkan nyawanya.
Keadaan perempuan Nasrani tersebut mengundang komentar Wakil Perdana Menteri Italia Matto Salvini. Ia mengatakan, negaranya siap membantu Bibi angkat kaki dari Pakistan.
Asia Bibi, Pakistan
Protes pembebasan Asia Bibi di Pakistan. (Foto: AFP/ARIF ALI)
"Saya ingin anak-anak dan perempuan yang nyawanya terancam dapat memiliki masa depan yang aman di negara kami atau negara Barat lain, kami akan melakukan apapun untuk memastikan itu kepadanya (Bibi)," sebut Salvini seperti dikutip dari Reuters, Rabu (7/11).
"Seharusnya pada 2018 sudah tidak boleh lagi ada yang nyawanya terancam karena hipotesa penistaan agama," sambung dia.
ADVERTISEMENT
Salvini mengatakan demi membantu Bibi Italia tidak bekerja sendirian. Mereka meminta bantuan beberapa negara Barat lain.
Bibi divonis mati pada 2010 lalu. Vonis itu bermula dari ketika dia bertengkar dengan tetangganya dan dituduh menistakan agama Islam.
Pada pekan lalu banding Bibi diterima oleh MA Pakistan. Setelah dilepaskan dari hukuman mati, ancaman pembunuhan tak cuma diterima Bibi, namun beberapa orang terdekatnya termasuk pengacaranya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan