kumparan
28 Agustus 2019 10:36

Kakek Mahmud dan Mak Cum Tiba di Kampung Halaman dari Tanah Suci

Haji 2019, Mahmud, Mak Cum
Mak Cum (kiri) saat menemani kakek Mahmud di kamar hotel di Madinah, Arab Saudi. Foto: Denny Armandhanu/kumparan
Pasangan jemaah haji yang romantis Kakek Mahmud Sopanema dan Nenek Kalsum tiba dengan selamat di kampung halamannya dari tanah suci Makkah. Sebelumnya, kisah romantis kedua lansia ini viral di tanah air.
ADVERTISEMENT
Mengutip laporan situs Kementerian Agama, Kakek Mahmud (89) dan istrinya yang akrab disapa Mak Cum (78) tiba di Asrama Haji Sudiang, Makassar, pada Selasa (27/8) pagi. Menggunakan kursi roda, keduanya tiba bersama rombongan Kloter 13 Embarkasi Makassar (UPG 13) asal provinsi Maluku.
Sesaat setelah mendarat, Kakek Mahmud dievakuasi bersama dua jemaah haji lainnya dengan ambulans ke Poliklinik Kesehatan Asrama Haji untuk perawatan. Sementara Mak Cum naik bus bersama jemaah lainnya ke Aula Penerimaan Jemaah Haji.
Terpisah sebentar, Kakek Mahmud uring-uringan. Menurut laporan tenaga medis, Kakek Mahmud marah-marah dan tidak mau makan. Dia hanya mau disuapi oleh istrinya tercinta. Akhirnya Mak Cum dipanggil dan Kakek Mahmud langsung tenang dan ceria.
ADVERTISEMENT
Tingkah Kakek Mahmud membuat para tenaga medis terpana. "Mantap Oi, memang pasangan sehidup semati," kata seorang tenaga medis perempuan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar.
"Ternyata masih ada cinta sejati di dunia ini," ujar pekerja lainnya.
Kakek Mahmud dan Mak Cum sebelumnya menjadi viral setelah tiba di tanah suci. Ketika baru mendarat, Kakek Mahmud menolak berpisah dengan Mak Cum dan terus memegangi tangan istrinya di kursi roda. Video adegan tersebut ramai dibagikan di tanah air.
Video
Kakek Mahmud sempat dilarikan ke rumah sakit karena terjatuh di kamar hotelnya di Madinah ketika mencari Mak Cum. Di rumah sakit, Kakek Mahmud juga enggan ditangani perawat, hanya ingin ditemani istrinya.
Di tanah air, keduanya sempat dijenguk oleh para pejabat Provinsi dan Kemenag Maluku. Ketika itu pun, Kakek Mahmud tak melepaskan genggaman tangannya dari Mak Cum. Rencananya keduanya akan diterbangkan ke Ambon pada Rabu (28/8).
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan