Kakorlantas Prediksi Pemudik yang ke Luar Jabodetabek Meningkat, Capai 136 Juta

5 Maret 2024 11:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan di Simpang Lima. Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan di Simpang Lima. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan, memprediksi akan ada peningkatan jumlah masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran 2024. Kenaikan jumlah pemudik diperkirakan mencapai 6 persen dibanding tahun sebelumnya.
ADVERTISEMENT
"Kemungkinan kenaikan atau animo masyarakat yang akan keluar dari Jabodetabek itu ada 5 sampai 6 persen," kata Aan dalam Rakor Lintas Sektoral Arus Mudik 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (5/3).
"Kalau tahun lalu ada 123 juta lebih masyarakat indonesia yang melakukan mudik balik dan berwisata selama libur Idul Fitri. Kalau ditambah 5 persen, 6 persen, itu ada di angka 136 juta, 136,7 juta tepatnya," lanjutnya.
Untuk itu, Aan memerintahkan jajarannya untuk dapat mengantisipasi terjadinya kemacetan parah terkait peningkatan jumlah pemudik ini. Sejumlah skema rekayasa lalu lintas perlu dilaksanakan.
"Mulai dari pembatasan kendaraan untuk kendaraan angkutan barang yang sumbu tiga ke atas. Kemudian kita juga menambah kapasitas jalan dengan melakukan contraflow dihitung mulai 1 lajur dua lajur sampai tiga lajur maksimal, sampai penambahan kapasitas jalan dengan melaksanakan one way," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Terakhir, Aan berharap kelancaran arus mudik Lebaran 2024 bisa sama seperti tahun sebelumnya.
"Kita ingin mengulang kembali, tentu kita juga berharap bisa sukses seperti tahun lalu. Untuk itu kita melakukan beberapa persiapan, kita melakukan survei kesiapan jalur survei kesiapan operasional, kesiapan personel dan seluruh sarana prasarana," pungkasnya.