Kakorlantas Soroti Potensi Kemacetan di Limbangan Garut, saat Mudik Lebaran

5 Maret 2024 13:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Lalu Lintas Limbangan Macet, Kendaraan Dari Cagak Nagreg Dialihkan ke Arah Garut Kota. Foto: Ulfah Salsabila/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Lalu Lintas Limbangan Macet, Kendaraan Dari Cagak Nagreg Dialihkan ke Arah Garut Kota. Foto: Ulfah Salsabila/kumparan
ADVERTISEMENT
Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan, menyoroti potensi kemacetan yang bakal terjadi di jalur arteri. Salah satu lokasi yang diprediksi menjadi titik kemacetan berada di kawasan Limbangan, Kabupaten Garut.
ADVERTISEMENT
"Ada faktor tumpah, kalau di Jawa Barat itu Limbangan. Limbangan itu enggak bisa diapa-apain, karena jalannya dari 5 tahun yang lalu ya segitu aja," kata Aan dalam Rakor Lintas Sektoral Arus Mudik Lebaran 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (5/3).
Solusinya, Aan meminta Kementerian PUPR untuk segera merampungkan pembangunan Tol Pantai Selatan Jawa [Pansela]. Tujuannya, agar dapat mengurai kepadatan yang dikhawatirkan akan timbul saat masa mudik nanti.
Diketahui jalur Pantura dan Pansela menjadi alternatif bagi pemudik yang tidak naik Tol Trans Jawa.
Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Arus Mudik Lebaran 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024). Foto: Jonathan Devin/kumparan
"Dari PUPR juga nanti, Tol Selatan ini harus segera direalisasikan, karena masalah Limbangan, Kentongan, itu enggak pernah selesai karena jalannya segitu-gitu aja," ujarnya.
Ruas jalan Pansela terbentang melintasi 5 provinsi di Pulau Jawa yakni Provinsi Banten dengan ruas Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 km. Lalu di Provinsi Jawa Barat dengan ruas dari Batas Provinsi Banten-Sindang Barang hingga Batas Provinsi Jawa Tengah sepanjang 417,1 km.
Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan. Foto: Instagram/@ntmc_polri
Kemudian Jalan Lintas Pansela di Provinsi Jawa Tengah dengan ruas mulai Batas Provinsi Jawa Barat-Congot-Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 km. Selanjutnya di Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta dengan ruas Karang Nongko-Legundi hingga Duwet sepanjang 120,8 km.
ADVERTISEMENT
Terakhir adalah ruas-ruas di Provinsi Jawa Timur dengan ruas Panggul-Sendangbiru–Jarit-Puger hingga Glenmore sepanjang 628,39 km.