News
·
16 November 2020 16:02

Kapolda Metro dan Kapolda Jabar Dicopot Diduga Imbas Kerumunan Habib Rizieq

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kapolda Metro dan Kapolda Jabar Dicopot Diduga Imbas Kerumunan Habib Rizieq (80461)
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana menyampaikan rilis kasus begal pesepeda di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (3/11). Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana dan Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya. Pencopotan ini erat kaitannya dengan munculnya kerumunan di sejumlah acara yang dihadiri Habib Rizieq Syihab.
ADVERTISEMENT
“Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana diganti dari jabatannya. Ia dipindahkan sebagai asisten ahli Kapolri,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (16/11).
Posisi Kapolda Metro Jaya akan diisi oleh Irjen Pol Fadil Imran yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur.
Kapolda Metro dan Kapolda Jabar Dicopot Diduga Imbas Kerumunan Habib Rizieq (80462)
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi di Mapolrestabes Bandung, Selasa (15/10). Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Argo menyebut, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya. Ia dipindahkan ke Widyaswara Lemdiklat Polri. Posisi Kapolda Jabar akan diisi oleh Irjen Pol Ahmad Dofiri yang sebelumnya menjabat sebagai Aslog Kapolri.
“Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi juga diganti dari jabatannya,” ujar Argo.
Sejak kepulangan Rizieq ke Indonesia, ada sejumlah kerumunan yang terjadi. Sebut saja saat penjemputan di Bandara Soetta, penyambutan di Markas FPI Petamburan, Maulid di Pondok Ranggon, Maulid di Tebet, Maulid dan salat Jumat di Megamendung Bogor, dan pernikahan putri Rizieq di Petamburan.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan akan ada sanksi bagi aparat keamanan yang tidak tegas menindak adanya kerumuman besar.
"Kepada aparat keamanan, kepada aparat keamanan, kepada aparat keamanan, pemerintah meminta untuk tidak ragu bertindak tegas dalam memastikan protokol kesehatan dapat dipatuhi dengan baik," ujar Mahfud MD dalam konferensi pers di gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (16/11).