News
·
11 Mei 2021 16:40

Kapolda Papua: Aktor Kerusuhan Papua Victor Yeimo Informan Veronica Koman

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kapolda Papua: Aktor Kerusuhan Papua Victor Yeimo Informan Veronica Koman  (256655)
Aktor kerusuhan Papua ditangkap Satgas Nemangkawi. Foto: Satgas Nemangkawi
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengungkap adanya kerja sama antara aktor kerusuhan Papua Victor Yeimo dengan Veronica Koman. Victor rupanya jadi sumber informasi bagi Veronica.
ADVERTISEMENT
Irjen Mathius mengatakan, Victor dan Veronica kerap menyebarkan berita yang tidak benar soal Papua. Sumber informasi Veronica yakni Victor lewat media sosial.
“Sementara penyelidikan tentang itu karena selama ini mereka sama-sama memberitakan hal-hal yang tidak benar tentang Papua. Yang bersangkutan (Viktor Yeimo) ini ambil data dari KNPB kemudian dibagikan kepada Veronica Koman yang berada di Australia sana. Jadi dia ini seperti penyuplai data bagi Veronika Koman,” Mathius Fakhiri di Kota Jayapura, Selasa (11/5).
Kapolda Papua: Aktor Kerusuhan Papua Victor Yeimo Informan Veronica Koman  (256656)
Veronica Koman. Foto: Twitter/@veronicakoman
Selain memeriksa hubungan antara Victor Yeimo dan Veronica Koman, penyidik juga memeriksa penyuplai aliran dana untuk KNPB yang disebut organisasi induk teroris KKB. Sejauh ini pihaknya masih mendalami sumber aliran dana.
“Kita akan periksa aliran dana untuk organisasi ini (KNPB). Termasuk aksi mereka di kantor Gubernur Papua tahun 2019 lalu. Kita dalami aliran dananya dari siapa,” ujar Mathius.
Kapolda Papua: Aktor Kerusuhan Papua Victor Yeimo Informan Veronica Koman  (256657)
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri. Foto: Evarukdijati/ANTARA
Sebelumnya diberitakan, Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol M Iqbal Al Qudussy mengatakan, Victor memiliki hubungan dengan KKB kelompok Lekagak Telenggen bermarkas di Yambi, Kab. Puncak.
ADVERTISEMENT
“Posisi Victor di KKB ada hubungannya dengan kelompok Lekagak Telenggen bermarkas di Yambi, Kab. Puncak,” kata Iqbal kepada kumparan, Selasa (11/5).
Iqbal menyebut, Victor juga menjadi juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNB). Selain itu, Victor bersama Veronica Koman hadir dalam sidang HAM PBB di Swiss.