kumparan
search-gray
News30 Desember 2019 15:02

Kecepatan Mobil PNS saat Tabrak 7 Pesepeda Diduga 80 Km/Jam

Konten Redaksi kumparan
PTR, Mobil tabrak 7 pesepeda di Jalan Sudirman
Kondisi mobil yang menabrak 7 pesepeda di Jalan Sudirman. Foto: Dok. Istimewa
PNS di Polres Metro Jakarta Selatan, Toto Prasetio (43), resmi ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka, karena menabrak 7 pesepeda di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Sabtu (28/12) pagi.
ADVERTISEMENT
Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar mengatakan, kecepatan Toto saat mengendarai mobil Toyota Avanza B 1624 BYW itu mencapai 80 kilometer per jam.
Hal ini berdasarkan pengakuan saksi dari pihak korban. Meski laju mobil terbilang cepat, polisi tak menemukan bukti bekas tanda rem di lokasi kecelakaan.
“Kalau pesepeda mengakunya 80 kilometer per jam, tapi tidak ada bekas rem,” ucap Fahri saat dikonfirmasi, Senin (30/12).
kecelakaan mobil tabrak 7 pesepeda
Polisi memeriksa lokasi kecelakaan mobil tabrak 7 pesepeda. Foto: Dok. Ditlantas Polda Metro Jaya
Menurut dia, kondisi ini berbeda dengan kecelakaan mobil BMW yang menabrak Apotek Senopati, Jakarta Selatan, yang terjadi di hari yang sama.
Di lokasi itu ditemukan bekas tanda rem. Fahri menyebut dari pengakuan sang sopir, Andre Sutio (19), kecepatan saat itu mencapai 50 kilometer per jam.
ADVERTISEMENT
“Tetapi kalau yang Apotek Senopati sempat mengerem, ada bekas remnya. Jadi dari bekas rem sampai lokasi itu hampir 20 meter,” kata dia.
“Kalau Apotek 50 (kilometer per jam) kalau (mobil yang tabrak) pesepeda 80 (kilometer per jam). Tapi menurut kami lebih dari 50 (kilometer per jam) karena tertabrak sampai hancur gitu kan,” jelasnya.
Mobil BMW menabrak Apotek Senopati
Proses evakuasi mobil BMW yang menabrak Apotek Senopati, Jakarta Selatan. Foto: Dok. Istimewa
Kecelakaan yang melibatkan ketujuh pesepeda terjadi di Jalan Sudirman pada Sabtu (28/12), pukul 06.00 WIB. Saat tiba di depan Gedung Summitmas, secara tiba-tiba rombongan pesepeda ini ditabrak mobil Toyota Avanza yang dikendarai Toto, yang melintas dari arah Bundaran HI menuju Bundaran Senayan.
Di lokasi itu, jalur sepeda berada di trotoar, bukan jalan raya. Akibat kecelakaan ini, tujuh pesepeda dilarikan ke RS Pusat Pertamina (RSPP) dan hingga kini masih ada satu pesepeda yang menjalani rawat inap.
ADVERTISEMENT
Berikut 7 identitas pesepeda yang ditabrak Toto di Jalan Sudirman:
  1. Muhammad Radhila Putra (26), mahasiswa, mengalami luka pada kepala bagian belakang robek, menjalani rawat inap
  2. Lukman Makarim (23), mengalami luka
  3. Hermadio Ibra S (21), mengalami memar di bagian pinggang
  4. Hafez (28), mengalami luka
  5. Reza (28), mengalami luka
  6. Gemilang Rachmad (22), mengalami luka
  7. Karel Adipria (24), mengalami luka
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white