Kenapa PDIP Buru-buru Daftarkan Ganjar-Mahfud ke KPU?

19 Oktober 2023 17:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD usai mendaftar sebagai calon presiden dan wakil presiden di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD usai mendaftar sebagai calon presiden dan wakil presiden di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PDIP mengumumkan Mahfud MD menjadi cawapres Ganjar Pranowo. Pengumuman dilakukan pada Rabu (18/10) pagi di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat.
ADVERTISEMENT
Ganjar-Mahfud langsung mendaftar capres-cawapres ke KPU satu hari setelah pengumuman capres-cawapres atau hari pertama pendaftaran dibuka.
Padahal masa pendaftaran capres-cawapres berlangsung pada 19-24 Oktober 2023.
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto saat menghadiri acara Rakor Pemenangan Pilpres dan Pileg PDIP Jatim di Vasa Hotel, Surabaya, Sabtu (14/10/2023). Foto: Farusma Okta Verdian/kumparan
Lantas, apa alasan PDIP dan koalisi pendukungnya buru-buru mendaftarkan Ganjar-Mahfud di hari pertama pendaftaran?
"Kami kan bergerak cepat, meskipun keputusan baru diambil pada hari sehari sebelumnya, tetapi kami langsung bergerak cepat karena semuanya sudah dipersiapkan dengan matang," kata Hasto di Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/10).
"Termasuk nanti untuk pengambilan nomor urut, kampanye damai. Kami sudah persiapkan sejak awal," tambah dia.
Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendaftar sebagai calon presiden dan wakil presiden di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/10/2023). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Hasto memastikan, setelah pendaftaran, koalisi pendukung Ganjar-Mahfud akan terus menguatkan tim pemenangan Pilpres. Menurutnya akan lebih banyak tokoh mumpuni yang hadir di tim pemenangan Ganjar-Mahfud.
ADVERTISEMENT
"Ya kami langsung bergerak cepat karena ungkapan visi-misi pun bisa diakses oleh publik, sudah ada visualisasinya pada pop up (QR code) tadi sehingga tim langsung bergerak cepat," ujarnya.
"Tim pemenangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan terus kami sempurnakan, tapi orientasinya bukan membuat tim yang gemuk. Tetapi pada aspek kerjanya. Kerja di darat, kerja di udara, dan juga kerja-kerja khusus dilandaskan pada keyakinan bahwa Pak Ganjar dan Pak Mahfud MD memang sesuai harapan rakyat," tandas dia.
Selain Ganjar-Mahfud, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) juga mendaftar sebagai capres-cawapres ke KPU pagi ini pukul 09.00 WIB. Ini disusul Ganjar-Mahfud yang mendaftar menjelang pukul 13.00 WIB.