News
·
4 Februari 2021 16:52

Kisah Koin Emas di Pasar Muamalah Depok yang Bisa Ditukar Sembako

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kisah Koin Emas di Pasar Muamalah Depok yang Bisa Ditukar Sembako (42100)
Dinar dan dirham berukir tulisan Amir Zaim Saidi. Foto: Div Humas Polri
Nama Zaim Saidi kini menjadi sorotan. Dia merupakan pendiri Pasar Muamalah di Depok. Pasar Muamalah sejenis pasar kaget yang digelar dua pekan sekali.
ADVERTISEMENT
Yang menariknya, Pasar Muamalah menggunakan konsep transaksi dengan koin dinar dan dirham. Dinar dan dirham adalah satuan berat dari koin emas dan koin perak, bukan nama mata uang.
Sejumlah warga di sekitar Pasar Muamalah menyayangkan ditangkapnya Zaim Saidi oleh polisi dan kini sudah ditetapkan sebagai tersangka. Warga menilai apa yang dilakukan Zaim Saidi dengan menggagas transaksi menggunakan koin dirham dan dinar tidak merugikan.
Justru, warga mendapat manfaat karena Zaim Saidi sering membagikan koin emas kepada warga yang membutuhkan atau zakat. Koin emas itu bisa ditukarkan dengan sembako di Pasar Muamalah.
Kisah Koin Emas di Pasar Muamalah Depok yang Bisa Ditukar Sembako (42101)
Dinar dan dirham berukir tulisan Amir Zaim Saidi. Foto: Div Humas Polri
Salah seorang yang sering mendapatkan koin emas itu adalah Sidik (50).
"Kita dikasih kan nih nanti kita tukarkan, mau sembako atau mau apa terserah kita,” kata Sidik, saat diwawancarai di sekitar Pasar Muamalah, Kamis (4/2).
ADVERTISEMENT
Sidik menuturkan, pemberian koin dari pengurus Pasar Muamalah merupakan yang sudah didata dari pengurus lingkungan (RT, RW). Pemberian koin ditujukan kepada masyarakat kurang mampu.
“Dikasihnya cuma-cuma namun sekarang sudah tidak ada, biasanya sebulan dua kali,” tutup Sidik.
Hal yang sama juga dirasakan oleh Martono (36). Martono kaget saat mendapat sekeping koin emas dari pengurus Pasar Muamalah.
“Dikasihnya koin emas, nanti setiap satu koin yang diberikan dapat ditukarkan di tempat Pasar Muamalah,” ujar Martono, Kamis (4/2).
Martono menjelaskan, koin emas yang diberikan menyerupai koin dirham. Namun dia tidak hafal persis bentuknya.