kumparan
25 Oktober 2019 17:17

Lion Air Tanggapi Investigasi KNKT: Kami Kerja Keras Agar Tak Terulang

Illustrasi Pesawat Lion Air
Illustrasi Pesawat Lion Air. Foto: Wikipedia
Lion Air menanggapi hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait jatuhnya pesawat dengan nomor penerbangan JT-610 pada 29 Oktober 2019. Maskapai penerbangan sipil ini akan mempelajari hasil investigasi penyebab kecelakaan tersebut.
ADVERTISEMENT
Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan hasil investigasi KNKT penting bagi mereka. Temuan lembaga itu akan dijadikan kajian agar peristiwa serupa tidak lagi terjadi.
"Penting bagi kami untuk menentukan akar dari penyebab dan faktor pendukung dari kecelakaan itu untuk segera melakukan perbaikan, untuk memastikan kecelakaan tidak terjadi lagi," kata Danang, Jumat (25/10).
Lion Air berterima kasih kepada KNKT atas kerja kerasnya dalam menyelidiki kecelakaan ini. Mereka juga kembali menyampaikan duka citanya kepada para korban kecelakaan tersebut.
Kaleidoskop 2018
Mesin Turbin milik pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan sebelah Utara Karawang, Jawa Barat (29/10/2018). Foto: Antara/Jaya Kusuma
Pesawat Lion Air jenis Boeing 737-800 yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Depati Amir pada Senin (29/10/2018), jatuh setelah 13 menit mengudara. Sebanyak 189 penumpang dan awak pesawat itu tewas.
ADVERTISEMENT
Hasil investigasi KNKT menunjukkan ada kerusakan pada bagian Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS) pesawat nahas itu. Sayangnya, Boeing tidak cukup memberikan informasi lengkap tentang bagaimana sistem ini bekerja.
Kurangnya informasi ini juga berdampak pada reaksi pilot saat mengalami kerusakan pada MCAS pesawat. Padahal, langkah pertama dalam menghadapi kerusakan sangat penting.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan