News
·
7 Januari 2021 16:17

LPS soal Viral Uang Rp 15 Juta Dimakan Rayap: Sebaiknya Nabung di Bank

Konten ini diproduksi oleh kumparan
LPS soal Viral Uang Rp 15 Juta Dimakan Rayap: Sebaiknya Nabung di Bank (192214)
searchPerbesar
Uang senilai Rp 15 juta dimakan rayap. Foto: Dok. Citra Permatasari Page
Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menanggapi soal viralnya uang Rp 15 juta yang disimpan di bawah kasur dan dimakan rayap di Kolaka, Sulawesi Tenggara. Sekretaris LPS Muhamad Yusron mengatakan hal tersebut sebaiknya menjadi pembelajaran agar masyarakat menabung di bank.
ADVERTISEMENT
"Apalagi uangnya cukup besar yakni Rp15 juta, sebaiknya disimpan di bank. Sayang sekali uang yang tadinya akan digunakan untuk merenovasi rumah, kini dimakan rayap dan tidak bernilai lagi," ujar Yusron kepada Antara, Kamis (7/1).
Ia menambahkan, menabung uang di bank sangat aman dan bisa diambil kapan saja. Selain itu bank yang dijamin oleh LPS juga ada jaminan keamanan.
"Nabung di bank dijamin oleh kami, LPS, dengan maksimal tabungan Rp2 miliar. Jadi, kalau banknya bangkrut atau ditutup, kami yang akan jamin, pastinya lebih aman," pungkasnya.
Sebelumnya, beredar sebuah unggahan video viral di media sosial yang memperlihatkan tumpukan uang pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu dengan total Rp 15 juta dimakan rayap. Pengunggah video itu mengatakan, uang tersebut disimpan lebih dari satu tahun di bawah kasur.
ADVERTISEMENT
Citra Pertamatasari Page (21), pengunggah video itu, mengatakan, rekaman itu diambil pada Sabtu (3/1) di Woimenda, Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra). Ia mengatakan, uang tersebut merupakan milik tantenya yang akan digunakan untuk renovasi rumah.
"Mulai penyimpanan [menabung], tahun lalu, satu tahun dua bulan," ujar Citra kepada kumparan, Rabu (6/1).
Ia membenarkan tantenya menabung uang tersebut di bawah kasur. Sebab, lokasi tempat tinggal tantenya dengan bank sangat jauh.