News
·
2 Desember 2019 16:10

Luhut, Ical, Akbar Pro Airlangga, MS Hidayat, Yorrys Dukung Bamsoet

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Luhut, Ical, Akbar Pro Airlangga, MS Hidayat, Yorrys Dukung Bamsoet (248361)
searchPerbesar
Bambang Soesatyo dan Airlangga Hartarto menghadiri Rapimnas Partai Golkar di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Kamis (14/11/2019). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Berbagai manuver dilakukan oleh dua calon kuat Ketum Golkar, Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo (Bamsoet) jelang munas pemilihan ketum. Dalam berbagai konsolidasi untuk mencari dukungan dari pengurus daerah, baik Airlangga maupun Bamsoet seringkali didampingi para tokoh senior Golkar.
ADVERTISEMENT
Malam ini, Senin (2/12), Airlangga akan ditemani banyak senior Golkar dalam acara konsolidasi dengan seluruh pengurus DPD I dan DPD II di Tangerang. Acara ini digelar sehari sebelum munas. Senior yang akan mendampingi Airlangga yaitu Luhut Binsar Pandjaitan yang merupakan Menko Maritim dan Investasi, Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie alias Ical, Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung dan Ketua Dewan Pakar Agung Laksono.
Akbar Tandjung pernah mengungkapkan dukungannya kepada Airlangga untuk menjadi Ketum Golkar periode 2019-2024.
"Calon ketua umum yang kami anggap tepat untuk melanjutkan misi yang diemban oleh partai ini (Golkar) tak lain saudara Airlangga Hartarto,” ujar Akbar Tandjung, di Bantul, Sabtu (3/8) lalu.
Sama halnya dengan Akbar, Agung Laksono juga sudah tegas menyatakan dukungannya kepada Airlangga. Agung bahkan meyakini sosok Airlangga mampu membawa Golkar untuk mengusung kandidat sendiri di Pilpres 2024 mendatang.
Luhut, Ical, Akbar Pro Airlangga, MS Hidayat, Yorrys Dukung Bamsoet (248362)
searchPerbesar
Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan (tengah) dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Monas, Jakarta. Foto: Nicha Muslimawati/kumparan
"Paling tidak kita punya argumentasi atau konsiderasi mengapa memilih calon ini, yang sekaligus dipertimbangkan untuk bisa dimungkinkan sebagai capres 2024, seenggak-enggaknya wapres. Inilah pilihan tersebut kami jatuh ke Airlangga," kata Agung di Jakarta Timur, Jumat (6/9).
ADVERTISEMENT
Sementara itu Luhut dalam pernyataannya mengaku sudah bertemu Airlangga dan Bamsoet. Namun, Luhut masih enggan mengungkapkan secara terbuka untuk siapa dukungannya di munas Golkar.
"Ya enggak ada apa-apa, ya kita supaya tenang-tenang dan Golkar saya sarankan supaya nanti munasnya itu sesuai dengan aturan yang seperti diketahui," kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (19/7).
Luhut, Ical, Akbar Pro Airlangga, MS Hidayat, Yorrys Dukung Bamsoet (248363)
searchPerbesar
Akbar Tandjung bersama Airlangga Hartarto Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Dengan hadirnya Luhut dalam acara konsolidasi Airlangga dengan para pengurus DPD I dan DPD II, maka bisa dipastikan restu Luhut diberikan bagi Airlangga.
Semetara itu, Ical sendiri belum menentukan keberpihakannya kepada salah satu kandidat, dalam sebuah kesempatan dia hanya mengatakan akan mendukung yang terbaik. Tapi toh, Ical juga hadir dalam acara konsolidasi Airlangga dengan para pengurus DPD I dan II yang merupakan para pemegang suara di ajang munas.
ADVERTISEMENT
Putra Agung Laksono Dave Akbarshah Fikarno membenarkan ayahnya ikut dalam beberapa pertemuan bertemu dengan para Ketua DPD Golkar untuk konsolidasi Airlangga. Namun, Dave enggan merinci lebih lanjut. Dave sendiri yang merupakan Wasekjen Golkar berada di barisan Airlangga.
"Pak Agung ikut ke beberapa pertemuan," kata Dave singkat, kepada kumparan, Senin (2/12).
Loyalis Airlangga, Ahmad Doli Kurnia mengatakan, dia pernah melihat Akbar Tandjung bersama Airlangga turun ke daerah-daerah, pun begitu juga dengan Agung Laksono.
Luhut, Ical, Akbar Pro Airlangga, MS Hidayat, Yorrys Dukung Bamsoet (248364)
searchPerbesar
Konpers deklarasi dukung Bamsoet jadi Caketum Golkar, di Hotel Sultan, Rabu (20/11). Foto: Muhammad Darisman/kumparan
"Mereka membicarakan Golkar ini harus bagaimana. Mereka menyampaikan pesan-pesan kepada seluruh pimpinan Golkar, baik di daerah bagaimana kita punya tekad semua supaya Golkar ini bisa bangkit lagi konsolidasi jalan lima tahun ke depan dan golkar bisa menang lagi 2024," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/12).
ADVERTISEMENT
Dia mengaku heran dengan pernyataan Kubu Bamsoet yang mempersoalkan kehadiran para senior itu dalam silaturahmi Airlangga dengan Ketua-ketua DPD.
"Nah terus di mana salahnya? kalau mereka dukung Pak Airlangga, ada yang larang? masa kita melarang orang dukung," ujar anggota DPR RI Fraksi Golkar itu.
Sementara itu, Bamsoet juga didukung beberapa senior Golkar. sebut saja MS Hidayat, Yorrys Raweyai, Marzuki Darusman hingga mantan Kepala Bappeas di era SBY, Paskah Suzzeta.
Luhut, Ical, Akbar Pro Airlangga, MS Hidayat, Yorrys Dukung Bamsoet (248365)
searchPerbesar
Bambang Soesatyo mengembalikan formulir pendaftaran dan berkas pencalonan ketua umum Golkar ke DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (2/12). Foto: Maulana Ramadhan/kumparan
Dihubungi terpisah, Loyalis Bambang Soesatyo, Indra Bambang Utoyo berpandangan, Aburizal Bakrie (Ical) tak berpihak ke mana pun, namun yang pasti kini mendukung Bamsoet adalah MS Hidayat.
"Ical sepertinya netral. Di tempat BS (Bambang Soesatyo) adalah MS Hidayat," kata Indra kepada kumparan, Senin (2/12).
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020