kumparan
10 September 2019 12:43

Malaysia Siap Bantu Indonesia Memadamkan Kebakaran Hutan

Karhutka di Muara Pawan Ketapang
Foto udara kebakaran hutan dan lahan di kawasan Ketapang Tanjungpura Km 4 di Desa Sungai Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Selasa (30/7). Foto: ANTARA FOTO/HO/Heribertus
Malaysia memastikan siap membantu Indonesia untuk memadamkan kebakaran hutan di pulau Kalimantan dan Sumatra.
ADVERTISEMENT
Menteri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Lingkungan, dan Perubahan Iklim Malaysia, Yeo Bee Yin, menilai pemadaman kebakaran hutan harusnya menjadi salah satu prioritas Indonesia.
"Hal mendesak untuk Indonesia saat ini adalah memadamkan api dan pemerintah kami siap mengirim bantuan yang dibutuhkan Indonesia di Kalimantan dan Sumatra," kata Yeo seperti dikutip dari The Star, Selasa (9/10).
Yeo menambahkan, Malaysia akan menggunakan segala upaya diplomatik agar Indonesia segera mengambil tindakan menangani masalah kebakaran hutan.
"Kami akan kirim nota diplomatik ke Indonesia untuk menggarisbawahi seriusnya (permasalahan) kabut asap, serta menekankan urgensi pemadaman kebakaran," kata dia.
Sebelumnya, Badan Meteorologi Malaysia menyatakan asap kebakaran hutan di Indonesia menyebabkan kabut di beberapa wilayah di Sarawak, seperti Kuching, Sri Aman, dan Samarahan.
ADVERTISEMENT
Bahkan karena kualitas udara di Malaysia menurun akibat kabut kebakaran hutan, negeri jiran berencana membuat hujan buatan.
Hal ini lantaran status udara di beberapa wilayah di Malaysia sempat berada di level sangat tidak sehat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan