kumparan
18 Oktober 2019 14:03

Megawati, SBY, Hingga Prabowo Akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

LIPSUS, LIPSUS, MENTERI BARU JOKOWI, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin (NOT COVER)
Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin usai menerima surat keputusan KPU tentang Penetapan Hasil Pemilu 2019 di gedung KPU, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan dilantik pada Minggu, 20 Oktober mendatang. Sebagai lembaga yang melantik, MPR juga telah mempersiapkan sejumlah kebutuhan pelantikan termasuk menyebar undangan.
ADVERTISEMENT
Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono menuturkan sejumlah tamu undangan kemungkinan besar akan memunuhi undangan pelantikan. Ia menyebut, Presiden ke-5 RI yang juga Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menghadiri pelantikan.
Selain itu, Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang sempat maju sebagai calon presiden dan wakil presiden juga akan hadir.
Prabowo Subianto bertemu Megawati Soekarnoputri
Prabowo Subianto (kanan) bertemu dengan Megawati Soekarnoputri (kiri) di kediaman Jalan Teuku Umar, Jakarta. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
"Presiden ke-5 Megawati ya siap hadir, SBY siap hadir. Kemudian nanti Pak Prabowo juga hadir, Pak Sandiaga hadir. Presiden juga yang mau dilantik, wakil presiden Kiai Haji Ma'ruf Amin juga pasti hadir," kata Ma'ruf di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10).
Ma'ruf mengatakan, kehadiran tokoh bangsa itu dapat membawa pesan positif untuk Indonesia di mata dunia. Apalagi, ada 18 tamu negara yang bersedia hadir dalam rapat paripurna pelantikan.
ADVERTISEMENT
"Saya kira ini tokoh-tokoh akan hadir dalam pelantikan dan membawa pesan positif tidak hanya internal kita tapi juga dunia internasional, bahwa perhelatan lima tahunan untuk melegitimasi pemimpin nasional tingkat presiden itu mendapat citra yang baik di mata internasional," kata dia.
SBY Pidato Kontemplasi
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan pidato kontemplasi di Pendopo Puri Cikeas, Bogor, Senin (9/9). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
"Perkembangan terakhir ada 18 tamu negara. Ada kepala negara kepala pemerintahan ada utusan khusus yang akan hadir, juga para duta besar. Jadi kalau negara jumlahnya bisa ratusan, sekitar 100 sekian lah yang hadir," tambahnya.
Untuk penyambutan tamu penting, pihaknya telah menjamin keamanan tamu selama acara pelantikan.
Polikus Gerindra, Sandiaga Uno di kediamannya
Polikus Gerindra, Sandiaga Uno di kediamannya di Jalan Pulombangkeng, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019). Foto: Amanaturrosyidah/kumparan
"Saya kira sudah siap dari segi penyambutan undangan. Keamanan yang bersifat internal eksternal tentu kita semua tahu ya, didukung secara penuh oleh unsur TNI dan Polri. Ini saya kira menjadikan kita optimistis bahwa sidang paripurna MPR yang sudah dipersiapkan dengan sangat matang akan berjalan sukses," tutup dia.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan