kumparan
search-gray
News1 Mei 2020 17:29

Menaker Ida Fauziyah Apresiasi Buruh Gelar Bakti Sosial untuk Peringati May Day

Konten Redaksi kumparan
PTR - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah saat melakukan pertemuan dengan tim kumparan, Jumat (6/3). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
May Day atau Hari Buruh 2020 tak diwarnai aksi unjuk rasa karena pandemi virus corona. Para buruh di sejumlah daerah pun menggantinya dengan mengadakan aksi bakti sosial, mulai dari bagi sembako hingga APD untuk tenaga medis.
ADVERTISEMENT
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah pun mengapresiasi langkah para buruh tersebut. Sebab, langkah tak menggelar aksi turun ke jalan dapat membantu pemerintah menekan penyebaran corona.
"Saya juga ingin memberikan apresiasi kepada teman-teman Serikat Pekerja, Serikat Buruh yang dalam memperingati May Day ini dilakukan dengan cara yang berbeda. Tidak ada demonstrasi, tidak ada perayaan, yang ada saya melihat teman-teman melakukan kegiatan bakti sosial, melakukan donasi untuk disumbangkan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan," ucap Ida di kantor BNPB, Jakarta, Jumat (1/5).
MPBI bagikan APD Peringati Hari Buruh.
MPBI bagikan APD Peringati Hari Buruh. Foto: Dok. MPBI
Dia menjelaskan pandemi COVID-19 telah memberikan dampak ke semua lini, mulai sektor kesehatan hingga industri. Penyebarannya pun telah berdampak pada ruang gerak semua pihak.
Meski begitu, Ida berharap keterbatasan itu tak menjadi penghalang semua pihak termasuk buruh berdialog dan berbuat baik.
ADVERTISEMENT
"Saya mengharapkan kita semua bisa bekerja sama dengan para pimpinan Serikat Pekerja, Serikat Buruh, agar kita terus mengedepankan kegiatan-kegiatan yang positif dan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19," ucapnya.
Sebagai upaya penanganan virus corona, Kemenaker di May Day ini akan mengadakan sejumlah kegiatan untuk para pekerja dan buruh. Salah satunya adalah rapid test massal.
"Akan terus lakukan untuk beberapa hari ke depan penyelenggaraan rapid test bagi pekerja atau buruh guna pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19," kata Ida.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white