News
·
10 September 2020 18:21

Menlu Retno: ASEAN-AS Harus Kerja Sama untuk Ketahanan Kesehatan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menlu Retno: ASEAN-AS Harus Kerja Sama untuk Ketahanan Kesehatan (23118)
Menlu RI Retno Marsudi dalam pertemuan antar Menlu ASEAN. Foto: Dok. Kemlu
ASEAN berkomitmen untuk memperkokoh kemitraan yang baik dengan Amerika Serikat. Dalam pertemuan ASEAN-US Ministerial Meeting, Menlu Retno Marsudi Mengajak negara-negara ASEAN dan Amerika Serikat bersatu dalam menghadapi pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
"Lebih lanjut saya sampaikan bahwa pandemi ini merupakan bukti yang lain bahwa kita semuanya hidup dalam desa yang besar atau saya sebut global village saling terkoneksi satu sama lain tanpa batasan. Oleh karena itu, saya mengajak agar respons kita terhadap pandemi ini juga harus satu dan saling terkoneksi," kata Menlu Retno dalam press briefing Kemlu secara virtual, Kamis (10/9).
Selain itu, Retno menyampaikan soal harapan agar ASEAN dan AS dapat menjalin kerja sama di bidang kesehatan jangka panjang.
“Ke depan saya menyampaikan bahwa ASEAN Amerika Serikat harus dapat menjalin kerja sama jangka panjang untuk membangun ketahanan kesehatan kawasan, melalui jaringan yang lebih luas atau memperkuat jaringan (strengthening network) antara Centers for Disease Control and Prevention,” lanjut Menlu.
Menlu Retno: ASEAN-AS Harus Kerja Sama untuk Ketahanan Kesehatan (23119)
Menlu hadiri pertemuan virtual ASEAN hari kedua. Foto: Dok. Kementerian Luar Negeri
Retno menambahkan, Indonesia mengharapkan bahwa AS akan terus menjadi mitra pembangunan, mitra dalam memelihara perdamaian dan stabilitas dan mitra yang dapat terus menjaga norma, nilai dan prinsip-prinsip hukum internasional.
ADVERTISEMENT
Dalam pertemuan AS-ASEAN, telah diadopsi dua dokumen yakni Statement for the ASEAN Post-Ministerial Conference with US dan juga Plan of Action to Implement US-ASEAN Strategic Partnership 2021-2025.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)