kumparan
search-gray
News29 Desember 2019 15:11

Ombudsman: Setnov Tanggung Sendiri Biaya Pengobatan di RSPAD

Konten Redaksi kumparan
Ombudsman: Setnov Tanggung Sendiri Biaya Pengobatan di RSPAD (508366)
Setya Novanto saat dilarikan ke RSPAD Gatot Soebroto dari Lapas Sukamiskin. Foto: Dok. Kalapas Sukamiskin Abdul Karim
Ombudsman melakukan sidak ke RSPAD Gatot Soebroto untuk memastikan keberadaan terpidana korupsi e-KTP, Setya Novanto. Anggota Ombudsman Adrianus Meliala memastikan Setnov dirawat di sana, tepatnya di ruang VIP Lantai 5 Paviliun Kartika.
ADVERTISEMENT
Adrianus mengatakan, biaya pengobatan dibayar secara pribadi oleh Setnov. Padahal menurutnya tahanan seharusnya dibiayai oleh negara, bukan membayar sendiri ruangan VIP.
“Mungkin enggak biasa, itu masalah akuntabilitasnya menurut saya. Bukan kepada warganya tapi pada pihak negaranya. Sudah merampas kemerdekaannya, tapi kemudian saat yang bersangkutan sakit, kok yang bersangkutan menggunakan biaya sendiri,” jelasnya usai sidak, Minggu (29/12).
Ombudsman: Setnov Tanggung Sendiri Biaya Pengobatan di RSPAD (508367)
Terpidana kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (12/9). Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Saat ini, kata dia, ada RS Pengayoman di dekat Lapas Cipinang. Namun Adrianus meminta peningkatan kualitas rumah sakit tersebut.
“Jadi mungkin perlu kita pertanyakan juga, bukan hanya konteks Pak Setya Novantonya, tapi pada yang lain-lain. Bahwa seyogyanya anggaran negara itu diperbesar atau sekarang ini ada rumah sakit pengayoman, nah seyogyanya rumah sakit pengayoman ditingkatkan kelasnya,” tutur Adrianus.
ADVERTISEMENT
Kalapas Sukamiskin Abdul Karim sebelumnya mengatakan, Setnov dirawat karena mengalami demam dan bintik-bintik merah di punggungnya.
Karim mengatakan Setnov dibawa ke RSPAD pada Selasa (24/12). Setnov, kata Karim, dirujuk ke RSPAD atas rekomendasi dari dokter spesialis syaraf dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.
-----------
Ayo ikutan Harbolnas kumparan dan menangkan Umroh, iPhone 11, Motor Yamaha NMax, diskon 100% hanya untuk pembaca kumparan. Tertarik? buruan daftar di kum.pr/harbolnaskumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white