News
·
16 Juni 2021 10:04
·
waktu baca 1 menit

Operasi Satgas Nemangkawi Dialihkan ke Polda Papua, Penindakan KKB Berlanjut

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Operasi Satgas Nemangkawi Dialihkan ke Polda Papua, Penindakan KKB Berlanjut (273895)
searchPerbesar
Ilustrasi TNI buru KKB Papua. Foto: Pupspen
Operasi Satgas Nemangkawi TNI-Polri dalam memburu teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua yang selama ini dipegang Mabes Polri akan dialihkan ke Polda Papua. Satgas tersebut dibentuk sejak 2018.
ADVERTISEMENT
“Operasi Nemangkawi yang dulu merupakan operasi terpusat akan dialihkan ke satuan wilayah yang di backup Mabes Polri,” kata Wakapolda Papua Brigjen Pol Eko Rusdi Sudarto keterangannya, Rabu (16/6).
Rusdi menuturkan, transisi operasi tak akan sulit dilakukan jajaran Polda Papua. Selama ini jajaran Polda Papua kerap berhadapan dengan KKB.
“Konsep implementasi itu tidak sulit karena telah dilakukan oleh rekan-rekan sekalian dengan dukungan eksternal yang berisi counter part dan stakeholder serta internal yang berisi semua fungsi teknis kepolisian dan fungsi pendukung,” kata Rusdi.
Sebelumnya, Satgas Nemangkawi sendiri dibentuk pada 2018. Pimpinan operasi yakni Brigadir Jenderal Polisi Roycke Harry Langi.
Dalam rilis yang dikeluarkan, tercatat sejak operasi pada 12 Mei hingga 12 Juni 2021 terdapat 4 anggota KKB tewas, dan 11 lainnya tertembak dalam kondisi hidup. Belakangan juga tertangkap penyuplai senjata api bernama Ratius Murib.
ADVERTISEMENT