kumparan
17 Desember 2019 11:23

Paripurna Jelang Masa Reses Perdana, 218 Anggota DPR Tak Hadir

Rapat Paripurna penutupan masa sidang jelang Reses DPR
Rapat Paripurna penutupan masa sidang jelang Reses DPR, Selasa (17/12). Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan
Anggota DPR periode 2019-2024 akan memasuki masa libur reses perdana mulai Rabu (18/12) hingga pertengahan Januari 2020. Di masa reses, anggota DPR akan turun ke dapilnya masing-masing untuk menyerap aspirasi.
ADVERTISEMENT
Rapat paripurna penutupan masa sidang hari ini dipimpin Ketua DPR Puan Maharani, didampingi para Wakil Ketua: Sufmi Dasco Ahmad dan Rachmat Gobel. Sementara Muhaimin Iskandar dan Aziz Syamsudin tak tampak.
"Berdasarkan catatan sekretariat jenderal DPR telah hadir 357 orang anggota, dari 575 anggota DPR dan telah dihadiri oleh anggota seluruh fraksi, dengan demikian kuorum telah tercapai. Perkenankan kami membuka rapat paripurna dan kami nyatakan dibuka dan terbuka untuk umum," kata Puan membuka rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (17/12).
Rapat Paripurna penutupan masa sidang jelang Reses DPR
Rapat Paripurna penutupan masa sidang jelang Reses DPR, Selasa (17/12). Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan
Dengan begitu, maka dari 575 anggota DPR sebanyak 218 anggota DPR absen dalam rapat paripurna penutupan masa sidang ini.
Agenda paripurna penutupan masa sidang ini adalah laporan Badan Legislasi DPR Terhadap Rancangan Peraturan DPR Tentang Tata Cara Penyusunan Prolegnas, Dilanjutkan Dengan Pengambilan Keputusan. Lalu, laporan Badan Legislasi DPR RI Terhadap Prolegnas RUU Tahun 2020-2024, dilanjutkan pengambilan keputusan.
ADVERTISEMENT
Selain terkait program legislasi, paripurna ini juga akan mengumumkan pembentukan tim pengawas/tim pemantauan DPR, yang terdiri dari: Tim Pemantauan DPR RI Terhadap Pelaksanaan Undang-Undang Terkait Otonomi Daerah Khusus Aceh, Papua, Papua Barat, Keistimewaan DIY dan DKI Jakarta, Tim Pengawasan DPR RI Tentang Pembangunan Daerah Perbatasan, Tim Penguatan Diplomasi Parlemen, Tim Pemantauan Dan Evaluasi Usulan Program Pembangunan Daerah Pilihan (UP2DP), Tim Pengawasan DPR RI Terhadap Perlindungan Kinerja Migas Indonesia, Tim Pengawasan DPR RI Terhadap Pelaksanaan Penanganan Bencana, Tim Pengawas Penyelenggara Ibadah Haji, Tim Implementasi Reformasi DPR RI, dan terakhir Tim Open Parliament Indonesia (OPI).
Tak hanya itu, ada juga pengumuman pewarganegaraan Fabiano Da Rosa Beltrame dan Peyton Alexis Whitted. Agenda rapat paripurna akan ditutup dengan pidato politik Ketua DPR Puan Maharani.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan