PDIP Ikut Dukung Airin Rachmi di Pilgub Banten, Ini Kata Golkar

12 Juli 2024 0:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua PP KPPG, Airin Rachmi Diany saat diwawancarai wartawan di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (23/6/2024). Foto: Fadlan Nuril Fahmi/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua PP KPPG, Airin Rachmi Diany saat diwawancarai wartawan di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (23/6/2024). Foto: Fadlan Nuril Fahmi/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, mengungkapkan partainya sudah sepakat akan mengusung eks Bupati Tangsel sekaligus kader Golkar, Airin Rachmi Diany, sebagai bakal cagub di Pilgub Banten 2024. Menurut Sekjen Golkar, Lodewijk F Paulus, hal itu lumrah terjadi di pilkada.
ADVERTISEMENT
"Ya mungkin namanya koalisi, kan semuanya ada yang pengin mendekat. Kan pasti komunikasi berjalan kan, satu calon kan ke mana-mana, tinggal nyantolnya di mana," kata Lodewijk di DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (11/7).
Lodewijk menjelaskan, di partainya, mekanismenya adalah mereka akan memberikan surat perintah penugasan kepada nama-nama yang dianggap potensial. Baru setelah itu akan ada proses survei dan lainnya sebelum dikeluarkan surat instruksi.
"Intinya surat instruksi itu bagaimana perintah membangun koalisi dan mencari pasangan, nah Bu Airin belum sampai ke situ," jelas Lodewijk.
Partai Golkar memang sudah resmi mendukung Airin untuk maju di Pilgub Banten. Namun, menurut Ketum Golkar, Airlangga Hartarto, pihaknya baru akan mengevaluasi tokoh yang cocok dijadikan pasangan Airin nanti.
ADVERTISEMENT
"Kalau Banten, Bu Airin kemarin bekerja sebagai tim kampanye daerah di Banten, tentu sewajarnya Golkar tetap mendukung Bu Airin di Banten, untuk pasangannya kita evaluasi 1-2 bulan ke depan," kata Airlangga.
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) sekaligus Steering Committee (SC) Rakernas V PDIP Djarot Saiful Hidayat (tengah) menyampaikan keterangan terkait pelaksanaan Rakernas IV PDIP di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (16/5/2024). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengungkap calon yang didorong untuk maju di Pilgub 2024. Mereka sepakat mengusung eks Bupati Tangsel Airin Rachmi Diany sebagai cagub.
"Betul (PDIP dukung Airin)," kata Djarot di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (11/7).
Djarot menyebut Airin akan berduet dengan elite PDIP di Banten, yaitu Ketua DPD PDIP Ade Sumardi. Djarot memastikan keduanya sudah dipasangkan.
"Sudah," tutur dia.