kumparan
3 Desember 2019 19:55

PDIP Sumut: Bobby Tetap Ikuti Seleksi untuk Jadi Cawalkot Medan

Bobby Nasution dan Sutarto di DPD PDIP Sumut
Sekretaris DPD PDIP Sumatera Utara Sutarto (kiri), Bobby Nasution (tengah) di Kantor DPD PDIP Sumut. Foto: Rahmat Utomo/kumparan
Menantu Presiden Jokowi, Bobby Afif Nasution, resmi mendaftarkan diri menjadi calon Wali Kota Medan melalui PDIP Sumatera Utara, Selasa, (3/12). Bobby mengaku niatnya itu sudah direstui Jokowi.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, Bobby tidak otomatis lolos jadi calon Wali Kota Medan pilihan PDIP. Sekretaris DPD PDIP Sumatera Utara Sutarto mengatakan Bobby tetap harus mengikuti proses seleksi seperti calon lain yang telah mendaftar.
Salah satu pesaing Bobby adalah Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution.
"Seluruh calon kepala daerah, baik kader internal PDIP maupun dari eksternal harus mengikuti mekanisme yang sudah ditetapkan partai, tidak ada terkecuali," ujar Sutarto di kantornya, Selasa (3/12).
Sutarto mengatakan proses seleksi akan dimulai bulan Desember ini. Dia belum memastikan tanggal proses seleksinya bagi calon Wali Kota Medan. Nantinya, hasil seleksi akan diajukan ke DPP PDIP di Jakarta.
"Kita akan mengetahui kapabilitas dan kualitas dari masing masing bakal calon. Terkait dengan itu, yang paling utama komitmennya pada ideologi negera, yaitu Pancasila, UUD 1945 dan NKRI, " ujar Sutarto.
ADVERTISEMENT
Sutarto mengatakan nama-nama bakal calon kepala daerah di Sumatera Utara akan diumumkan pada 10 Januari, bertepatan dengan ulang tahun PDIP.
Sementara itu, Bobby mengatakan siap jika harus melewati serangkaian tes dari PDIP. "Setiap partai tentu ada mekanismenya. Ada pendaftaran kemudian penyaringan hingga fit and proper test," ujar Bobby.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan