kumparan
15 Agustus 2018 16:47

Pelaku Penabrakan di Parlemen Inggris Pria Keturunan Sudan

Petugas polisi berjaga pasca penabrakan di gedung parlemen di Westminster, London, Inggris, Selasa (14/8/2018). (Foto: Reuters/Hannah McKay)
Identitas pelaku serangan di depan gedung Parlemen Inggris di London akhirnya terungkap. Serangan tersebut diketahui menyebabkan dua pejalan kaki terluka.
ADVERTISEMENT
Sumber dari Otoritas Keamanan Eropa menyebut, pelaku yang sudah dibekuk Polisi Inggris adalah Salih Khater. Pria itu merupakan warga Inggris keturunan Sudan.
Nama Khater sebelum kejadian tidak masuk dalam daftar pengawasan Intelijen Inggris serta Unit Anti Terorisme.
Otoritas tersebut pun menambahkan, hingga kini penyelidikan untuk mengungkap motif serangan belum selesai dilakukan.
"Aksi ini masih dikategorikan tindakan terorisme, tetapi motif belum kami ketahui," sebut Otoritas Keamanan Eropa seperti dikutip dari Reuters, Rabu (15/8).
Sebelum identitas lengkap terungkap, kepolisian Inggris menyebut pria berusia 29 tahun itu diduga mempunyai tiga properti di Inggris; dua di Birmingham, dan satu di Nottingham.
Serangan di London bermula ketika pelaku menabrakkan mobil Ford Fiesta ke arah pagar pembatas di luar Gedung Parlemen Inggris di London, sekitar pukul 07.30 pagi, wakti setempat.
ADVERTISEMENT
Sesaat setelah kejadian, polisi langsung menangkap Khater. Dari penyelidikan awal, aksi tersebut dilakukan pelaku seorang diri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan