kumparan
27 Maret 2019 18:14

Pemprov DKI Akan Pasang Lift di JPO Pasar Minggu

JPO Pasar Minggu, Semrawut
Kepadatan kendaraan dan pejalan kaki di kawasan JPO Pasar Minggu, Rabu (27/3). Foto: Muhammad Darisman/kumparan
Pemprov DKI akan segera memperbaiki Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mulai Mei mendatang. Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugraha, mengatakan, nantinya JPO akan memiliki lift sebagai salah satu fasilitasnya dan akan beroperasi pada November 2019.
ADVERTISEMENT
"Diperkirakan fisik mulai bulan Mei 2019 dan diperkirakan selesai konstruksi selama 3 bulan dan untuk sampai dengan pemanfaatan liftnya, sekitar bulan november 2019 sudah bisa beroperasi secara keseluruhan," kata Hari saat dihubungi, Rabu (27/3).
Hari mengatakan, desain JPO telah memasuki babak finalisasi untuk menghasilkan struktur bangunan yang baik. Menurutnya, desain JPO akan lebih futuristik, namun ia tak membeberkan lebih lanjut terkait desain ini.
"Desain sudah finalisasi. Desainnya itu nanti (diumumkan) ada tanggal mainnya. Nanti kan kita buat kejutan lagi yang futuristik, milenial," kata dia.
JPO Pasar Minggu, Semrawut,
Kepadatan kendaraan dan pejalan kaki di bawah JPO Pasar Minggu, Rabu (27/3). Foto: Muhammad Darisman/kumparan
Yang jelas menurutnya, desain JPO Pasar Minggu akan berbeda dari desain JPO lainnya yang telah diresmikan, seperti JPO di Jalan Jenderal Sudirman. Hari menyebut setiap JPO akan memiliki desain yang berbeda, namun tetap memberikan kenyamanan bagi masyarakat.
ADVERTISEMENT
"Intinya gini JPO ini setiap tempat, wilayah itu beda-beda. Kita buat skala artistiknya beda-beda. Yang penting bentuk JPO-nya itu futuristik, milenial. Kemudian nyaman bagi pengguna dan ada liftnya juga. Jadi intinya akan beda dengan yang di Bundaran Senayan," ucap dia.
Video
Hari menargetkan masyarakat sudah mengetahui desain JPO Pasar Minggu pada pertengahan April pada masa pembongkaran JPO.
"Tahap perencanaan begitu nanti mulai April kan kita bongkar tuh. Terus mulai fisiknya Mei. Mungkin pertengahan April saya kasih tahu," tutup dia.
JPO Pasar Minggu, Semrawut
Kondisi jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di Pasar Minggu, yang akan direvitalisasi, Rabu (27/3). Foto: Muhammad Darisman/kumparan
JPO Pasar Minggu telah lama terabaikan dan dibiarkan rusak sejak tak layak dipakai, bahkan sempat roboh pada 2016 lalu. Padahal JPO itu menghubungkan Stasiun Pasar Minggu dengan pasar yang berada di seberangnya, sehingga membantu pejalan kaki menyeberang.
ADVERTISEMENT
Kawasan Stasiun Pasar Minggu terkenal macet saat jam sibuk. Saat ini, JPO ditutup dengan seng. Di salah satu sisinya, terdapat tulisan 'JPO Pasar Minggu segera direvitalisasi mohon dukungan dan doanya'.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan