News
·
5 Mei 2021 13:12

Perekam Video WNA Lukis Masker di Wajah Tak Ikut Dideportasi dari Bali

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perekam Video WNA Lukis Masker di Wajah Tak Ikut Dideportasi dari Bali (94998)
Leia Se, WNA Rusia (tengah) yang viral melukis masker di wajah di Kemenkumham Bali. Foto: Denita BR Matondang/kumparan
Kakanwi Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk tidak mendeportasi perekam video viral WNA melukis masker di wajah demi mengelabui satpam di Bali.
ADVERTISEMENT
Perekam video sekaligus konten kreatif video tersebut adalah WN Taiwan bernama Lin Chi Chen alias Joshua alia Josh Paler Lin (32). Sementara yang dideportasi adalah Leia Se (24), aktris dalam video tersebut.
Menurut Jamaruli, dari pemeriksaan Satpol PP Bali Josh tidak terbukti bersalah melanggar protokol kesehatan. Satpol PP Bali tidak merekomendasikan Josh untuk deportasi.
"Jadi dari pemeriksaan rekomendasi Satpol PP cuma yang dinyatakan bersalah yang perempuan ini. Mana yang direkomendasi (dideportasi) itu yang dilakukan pendeportasian," kata dia, Rabu (5/5).
Leia dideportasi karena terbukti bersalah telah melanggar pertama, Peraturan Gubernur Bali No 10 tahun 2021 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru.
ADVERTISEMENT
Kedua, Pasal 75 ayat 1 Undang-Undang nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.
Leia akan menjalani pendeportasian Rabu (5/5) hari ini, dengan berangkat dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten dengan Garuda Airlines. Selanjutnya, dari sana dia akan diterbangkan menuju Moskow dengan penerbangan Emirates Airlines.
Perekam Video WNA Lukis Masker di Wajah Tak Ikut Dideportasi dari Bali (94999)
Leia Se, WNA Rusia yang viral melukis masker di wajah di Kemenkumham Bali. Foto: Denita BR Matondang/kumparan
Seperti diketahui, aksi pasangan bule ini melukis wajah demi mengelabui satpam di supermarket di Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali viral di media sosial.
Dalam video yang direkam pada pertengahan April 2021 lalu, awalnya satpam tak mengizinkan pasangan WNA masuk ke supermarket karena si perempuan tak bermasker. Satpam menegur para bule tersebut agar memakai masker.
Selanjutnya, pasangan bule itu masuk ke sebuah mobil. Bule laki-laki lalu melukis masker di wajah bule perempuan tersebut. Mereka lalu kembali ke supermarket dan berhasil lolos dari pengawasan satpam.
ADVERTISEMENT
Ternyata mereka juga sempat membuat konten menggunakan masker dari bra dan kaus kaki pada Januari 2021 lalu di lokasi yang sama.
Catatan Imigrasi Kelas I TPI Ngurah Rai, Joshua tercatat masuk ke Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta pada 21 Desember 2020 lalu. Leia tercatat masuk ke Indonesia melalui Bandara I Gusti I Ngurah Rai pada 1 Maret 2021. Mereka ke Bali untuk berlibur.