kumparan
23 November 2019 13:13

PKS Optimistis Prabowo Mampu Cegah Kebocoran Anggaran Alutsista

LIPSUS Prabowo, Pelantikan Menteri
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto usai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Foto: AFP/Adek Berry
Anggota Komisi I DPR Fraksi PKS, Sukamta, merespons positif masukan yang disampaikan Presiden Jokowi kepada Menhan Prabowo Subianto. Masukan itu yakni agar Prabowo memastikan tak ada lagi kebocoran anggaran dalam pengadaan alutsista.
ADVERTISEMENT
Sukamta menilai Prabowo mampu menjalankan perintah itu. Sebab Prabowo yang berlatar belakang militer paham mengenai seluk beluk TNI.
"Kebutuhan TNI ini besar sekali untuk urusan kesejahteraan, untuk urusan persenjataan, dan kita berharap Pak Prabowo yang berasal dari tentara ya itu punya kemampuan punya keberpihakan untuk bisa menyelesaikan persoalan itu," kata Sukamta dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (23/11).
Sukamta berharap Prabowo bisa menjalankan perintah Jokowi itu dengan menggunakan anggaran seefektif dan seefisien mungkin.
Anggota Komisi I DPR Fraksi PKS, Sukamta
Anggota Komisi I DPR Fraksi PKS, Sukamta. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
"Kita berharap anggaran TNI yang tidak besar itu betul-betul efektif dan efisien bisa digunakan sesuai dengan keperluan dan sasarannya," ujar Sukamta.
"Jadi kita berharap mudah-mudahan betul-betul tidak ada kebocoran dari TNI," lanjutnya.
Sebelumnya Jokowi memberi 3 perintah kepada Prabowo Subianto terkait pengembangan alutsista dalam rapat terbatas di Istana pada Jumat (22/11). Perintah yang disampaikan antara lain larangan pengembangan alutsista berorientasi proyek hingga pengurangan impor.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan