kumparan
News2 Oktober 2019 10:42

PM Inggris Boris Johnson Dituduh Pernah Lecehkan Perempuan

Konten Redaksi kumparan
Boris Johnson
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Foto: Reuters
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dituduh pernah melecehkan perempuan ketika dia menjabat editor sebuah majalah. Tuduhan ini langsung memicu pro dan kontra di tubuh pemerintahan Inggris.
ADVERTISEMENT
Diberitakan AFP, Selasa (1/10), tuduhan ini disampaikan oleh jurnalis Charlotte Edwardes yang ditulis dalam artikel di koran The Sunday Times. Edwardes mengatakan, peristiwa itu terjadi 20 tahun lalu ketika Johnson menjadi editornya di majalah The Spectator.
Ketika itu, Edwardes mengaku tengah menghadiri acara makan malam bersama Johnson yang duduk di sampingnya. Tiba-tiba, tangan Johnson menyentuh pahanya.
"Di bawah meja, saya merasakan tangan Johnson di paha saya. Dia meremasnya...membuat saya langsung duduk tegak," kata Edwardes.
Dia mengatakan, peristiwa serupa juga dialami oleh perempuan lainnya yang duduk di samping Johnson.
Boris Johnson
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berbicara menjelang pemungutan suara tentang apakah akan mengadakan pemilihan awal, di Parlemen di London, Inggris, Senin (9/9). Foto: Reuters
Johnson jarang membicarakan kehidupan pribadinya, namun tuduhan ini telah membuat pemerintahan Inggris geger. Dalam pernyataan resminya, pemerintah Inggris mengatakan tuduhan itu "tidak benar". Dalam wawancara TV, Johnson juga telah membantahnya, namun menolak berkomentar lebih jauh.
ADVERTISEMENT
Menteri Kesehatan Matt Hancock dalam pernyataannya terdengar ragu akan bantahan Johnson. Hancock mengatakan, dia kenal baik dengan Edwardes dan "saya sangat percaya apa yang dikatakannya".
Tapi tidak sedikit juga yang mendukung Johnson, kebanyakan adalah anggota parlemen perempuan dari Partai Konservatif. "Dia adalah orang yang santun. Saya kira dia sangat peduli dengan perempuan," kata mantan Menteri Pertahanan Penny Mordaunt.
Johnson bukan pemimpin yang tanpa cela. Pemimpin 55 tahun ini beberapa kali menuai skandal akibat konflik di kehidupan pribadinya. Sebelumnya dia pernah dituduh selingkuh dengan seorang pengusaha wanita asal asal Amerika ketika menjabat wali kota London.
Johnson sendiri telah dua kali menikah dan semuanya kandas dengan perceraian. Saat ini dia tinggal serumah dengan kekasihnya, Carrie Symonds.
ADVERTISEMENT
Sebelum menjabat PM, Johnson pernah didatangi polisi di rumahnya akibat pertengkarannya dengan Symonds mengganggu tetangga.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan