kumparan
News18 Agustus 2019 13:36

Polisi: Hoaks, Ustaz Somad Ditangkap soal Dianggap Singgung Salib

Konten Redaksi kumparan
Ustaz Abdul Somad, Ustaz Somad, Aceh
Ustad Abdul Somad (UAS) memberikan tausyiah pada tabliq akbar di Lapangan Hiraq, Lhokseumawe, Aceh, Minggu (19/8/2018). Foto: ANTARA FOTO/Rahmad
Beredar foto Ustaz Abdul Somad ditangkap polisi karena dianggap menyinggung salib oleh sejumlah Ormas di NTT. Setelah ditelusuri, foto itu dipastikan hoaks.
ADVERTISEMENT
Foto yang beredar menggambarkan Ustaz Somad digiring polisi diunggah akun Facebook atas nama @GandaSeptiandiSitanggang. Dalam foto itu, digambarkan Ustaz Somad tengah digiring oleh Irjen Umar Septono.
Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Jules Abraham Abast menegaskan foto yang beredar itu hoaks.
“Hoaks. Itu Kapolda Sulsel yang lama Irjen Pol Umar Septono. Sekarang beliau sudah pindah ke Mabes Polri. Mungkin itu waktu UAS datang mau ceramah di Sulsel,” kata Jules kepada kumparan, Minggu (18/8).
(NOT COVER) Hoaks Ustaz Somad ditangkap terkait singgung salib
Hoaks Ustaz Somad ditangkap terkait singgung salib. Foto: Dok. Istimewa
Sebelumnya, sejumlah ormas yang menamakan diri Brigade Meo NTT datang ke Polda NTT untuk melaporkan Ustaz Somad. Mereka menilai, isi salah satu ceramah Ustaz Somad menyinggung salib.
Terkait laporan itu, Jules menegaskan belum ada satu pun laporan terkait Ustaz Somad yang diterima oleh Polda NTT. Bisa saja, ormas itu datang untuk sebatas konsultasi atau memang laporannya belum diterima sehingga nomor LP belum dikeluarkan.
ADVERTISEMENT
“Dari kemarin sampai Minggu pagi ini belum ada laporan polisi dari ormas mana pun terkait UAS. Tidak tahu kalau di tempat lain ya. (Polda lain/Mabes Polri). Kalau Polda NTT belum ada,” tegas Jules.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan