News
·
22 Februari 2021 16:57

Polisi Sita Perahu Karet Berlogo FPI yang Dipakai Relawan Evakuasi Korban Banjir

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Polisi Sita Perahu Karet Berlogo FPI yang Dipakai Relawan Evakuasi Korban Banjir (55972)
FPI saat bantu korban banjir. Foto: FPI
Polisi membubarkan relawan Front Persaudaraan Islam (FPI) yang ikut serta membantu korban banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Sabtu (20/2). Sebab, para relawan ini memakai atribut dan simbol organisasi persis seperti Front Pembela Islam (FPI) yang sudah dilarang pemerintah.
ADVERTISEMENT
Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Erwin Kurniawan, mengatakan, pihaknya selain menyusuri identitas para relawan itu juga mengamankan perahu karet berlogo FPI yang digunakan untuk mengevakuasi korban banjir.
"Ya mungkin itu pada saat mengambil gambar, setelah itu kita amankan perahu karet tersebut sehingga dalam proses pengamanan itu mungkin terlihat ada pertolongan, tetapi setelah kita amankan terkait dengan larangan tadi," kata Erwin kepada wartawan di Jakarta Timur, Selasa (22/2).
Polisi Sita Perahu Karet Berlogo FPI yang Dipakai Relawan Evakuasi Korban Banjir (55973)
FPI saat bantu korban banjir. Foto: FPI
Erwin menyatakan keputusan pembubaran kegiatan itu sudah tepat. Sebab pihaknya merujuk pada keputusan pemerintah mengenai pembubaran Front Pembela Islam yang kini berganti nama menjadi Front Persaudaraan Islam.
"Ya kita ketahui sendiri bersama-sama bahwa SKB enam menteri yang dikeluarkan tentang pelarangan atribut FPI, kemudian ada maklumat Kapolri nomor 1/I/ 2021 tentang pelarangan adanya simbol, gambar, tulisan, dan lain-lain terkat atribut FPI ini kita dengan tegas melarang kegiatan itu," jelasnya.
ADVERTISEMENT
"Kalaupun ada FPI-FPI lain atau neo-FPI ya kita menganggap bahwa itu masih sama dalam arti kita tetap melakukan tindakan-tindakan pelarangan memasang atribut, kemudian jangan menggunakan atribut tulisan-tulisan dan simbol-simbol," tambahnya.
Polisi Sita Perahu Karet Berlogo FPI yang Dipakai Relawan Evakuasi Korban Banjir (55974)
FPI saat bantu korban banjir. Foto: FPI
Dari sejumlah foto yang beredar, tampak para relawan memakai kaus dan perahu karet berlogo FPI. Pada salah satu bagian perahu karet bertuliskan FPI Pademangan.