News
·
4 Mei 2021 3:58

Presiden Filipina Rodrigo Duterte Disuntik Vaksin Sinopharm

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Presiden Filipina Rodrigo Duterte Disuntik Vaksin Sinopharm (380117)
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Foto: Ted ALJIBE / AFP
Presiden Filipina Rodrigo Duterte akhirnya mau disuntik vaksin COVID-19. Duterte disuntik menggunakan vaksin Sinopharm pada Senin (3/5).
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Reuters, Selasa (4/5), alasan Duterte kini mau divaksin adalah untuk melindungi dirinya dari COVID-19. Selain itu agar masyarakat Filipina mau divaksin COVID-19.
Sebelum menerima dosis pertama vaksin Sinopharm, Duterte mengatakan dirinya dalam keadaan baik. Bahkan ia menyebut sudah sejak lama ia ingin divaksin.
"Saya merasa baik dan saya telah mengharapkan suntikan ini, vaksinasi sejak lama," kata Duterte.
Sebenarnya izin darurat vaksin Sinopharm di Filipina masih tertunda. Namun regulator makanan dan obat-obatan Filipina telah menyetujui 'penggunaan dengan belas kasih' untuk 10.000 dosis Sinopharm.
Sementara penyuntikan terhadap Duterte dilakukan oleh Menteri Kesehatan Filipina Francisco Duque III.
Sejauh ini, kepercayaan masyarakat Filipina terhadap vaksinasi cukup rendah. Tercatat ena, dari 10 orang Filipina tidak mau divaksinasi karena alasan keamanan.
Presiden Filipina Rodrigo Duterte Disuntik Vaksin Sinopharm (380118)
Guru terdaftar mengenakan masker wajah dan pelindung terhadap COVID-19, melakukan telekonferensi dengan siswa yang melakukan pembelajaran secara online. Foto: Ted ALJIBE / AFP
Hal itu terungkap dari survei Pulse Asia yang melibatkan 2.400 responden antara 22 Februari dan 3 Maret. Selain itu, jajak pendapat serupa di bulan November, hanya 47 persen masyarakat Filipina menolak vaksinasi.
ADVERTISEMENT
Filipina telah mencatat 1,06 juta kasus COVID-19 di mana 17.525 pasien meninggal dunia. Filipina merupakan negara dengan jumlah kasus tertinggi kedua di Asia Tenggara, setelah Indonesia.