News
·
12 April 2021 17:25

Profil Prananda Prabowo yang Digadang FX Hadi Rudyatmo Gantikan Megawati

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Profil Prananda Prabowo yang Digadang FX Hadi Rudyatmo Gantikan Megawati (62642)
Muhammad Prananda Prabowo. Foto: Instagram/@pranandaprabowo
Kongres PDIP masih akan berlangsung pada 2024 mendatang. Namun, sudah ada pengurus PDIP yang menunjukkan dukungan kepada tokoh tertentu yang dinilai bisa menggantikan sosok Ketum Megawati Soekarnoputri.
ADVERTISEMENT
Seperti Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo yang mulai ancang-ancang memberikan dukungan kepada Muhammad Prananda Prabowo, anak Megawati yang saat ini memimpin sebagai Ketua DPP PDIP Bidang Ekonomi Kreatif.
Jika dibandingkan Puan Maharani, memang Prananda jarang muncul di publik. Namun dalam berbagai kesempatan, ia beberapa kali terlihat mendampingi Megawati.

Seperti apa profil Prananda?

Prananda merupakan putra kedua Megawati dari suami pertamanya, Letnan Satu Penerbang Surindro Supjarso. Ia lahir pada 23 April 1971.
Profil Prananda Prabowo yang Digadang FX Hadi Rudyatmo Gantikan Megawati (62643)
Muhammad Prananda Prabowo (tengah). Foto: Riza Harahap/Antara
Prananda pertama kali muncul di publik bersama Puan Maharani dalam Kongres III PDIP 2010 di Bali. Saat itu, ia ditempatkan sebagai Kepala Ruang Pengendali dan Analisis Situasi (Situation Room) DPP PDIP.
Nama Prananda semakin dikenal publik ketika Megawati mengumumkan namanya masuk dalam struktur kepengurusan PDIP periode 2015-2020. Ia diberi mandat sebagai Ketua DPP PDIP Bidang Ekonomi Kreatif.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan Megawati dan Puan yang lebih sering tampil di publik, Prananda lebih sering mengambil peran di belakang panggung. Salah satu perannya adalah perancang konsep pidato Megawati selama ini.
Profil Prananda Prabowo yang Digadang FX Hadi Rudyatmo Gantikan Megawati (62644)
Muhammad Prananda Prabowo. Foto: Instagram/@pranandaprabowo
Salah satu pidato Megawati yang mendapatkan banyak pujian adalah pidato Pembukaan Kongres III PDIP tahun 2010. Saat itu, ia menyisipkan penggalan nasihat dari Kitab Bhagawad Gita, "karmanye vadhikaraste ma phaleshu kada chana". Artinya: "kerjakan seluruh kewajibanmu dengan sungguh-sungguh tanpa menghitung untung-rugi".
Sementara oleh sejumlah kaum Marhaen, ia dianggap sebagai salah satu pewaris trah Sukarno dan pernah didaulat sebagai keturunan ideologis Bung Karno yang paling tepat menggantikan Megawati.
Bahkan banyak orang di internal PDIP yang menyebutnya sebagai cucu sejati Bung Karno karena sifatnya yang memegang teguh ajaran sang kakek. Ia disebut sebagai cucu yang paling mirip dengan Bung Karno, mulai dari fisik dan pemikirannya.
Profil Prananda Prabowo yang Digadang FX Hadi Rudyatmo Gantikan Megawati (62645)
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kedua kanan) didampingi Puan Maharani (kiri) dan Prananda Prabowo (kanan) menerima Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) di kediaman Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (24/7). Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Selain aktif dalam dunia politik, Prananda juga memiliki ketertarikan di bidang musik. Prananda diketahui mahir bermain bass.
ADVERTISEMENT
Karakter permainan bassnya disebut banyak dipengaruhi gaya Steve Harris, bassis Iron Maiden, yang merupakan band idolanya. Keprihatinannya yang mendalam atas semakin pudarnya rasa nasionalisme di kalangan anak muda mendorongnya membentuk sebuah band bernama Rodinda, yang merupakan singkatan dari Romantika, Dinamika, Dialektika, yang adalah prinsip-prinsip revolusi yang sering diucapkan Bung Karno.
Ia berharap Rondinda dapat menjadi medium menyampaikan pesan nasionalisme kepada kaum muda.
Dengan masuknya dukungan terhadap Prananda, akankah ia dipertimbangkan menjadi pengganti Megawati yang potensial?
****
Saksikan video menarik di bawah ini: