kumparan
6 Januari 2019 19:39

Raja Malaysia Sultan Muhammad V Turun Takhta

Sultan Muhammad V
Raja Malaysia ke-15, Sultan Muhammad V. (Foto: AFP PHOTO/Mohd Rasfan)
Raja Malaysia Sultan Muhammad V resmi mengundurkan diri atau turun takhta dari posisinya pada Minggu (6/1). Keputusan ini membuat Sultan Muhammad V menjadi Raja Malaysia pertama yang tidak menyelesaikan masa jabatannya selama lima tahun.
ADVERTISEMENT
Langkahnya tersebut mengakhiri rumor yang berkembang mengenai nasib tahta Malaysia semenjak dirinya cuti akhir tahun lalu.
Kepastian pengunduran diri Sultan Muhammad V telah dikonfirmasi oleh pihak Istana Negara. Mereka menyatakan, Sultan Muhammad V dari Kelantan telah memutuskan mundur dari jabatan Yang Di Pertuan Agong Malaysia ke-15.
Sultan Muhammad V
Raja Malaysia ke-15, Sultan Muhammad V. (Foto: AFP PHOTO/Christophe Archambault)
"Yang Mulia bersiap kembali ke Kelantan dan kembali bersama pemerintahan daerah serta warga Kelantan untuk menjaga dan membangun Kelantan lebih baik untuk warganya," sebut keterangan resmi Istana Negara Malaysia, seperti dikutip dari Strait Times, Minggu (6/1).
Sejak 2 November 2018, Sultan Muhammad V cuti dari tugasnya dengan alasan kesehatan. Selama cuti, Sultan Muhammad V memutuskan menikahi Miss Moscow 2015 Oksana Voevodina di Rusia.
Belum diketahui pasti alasan Sultan Muhammad V mundur. Akan tetapi, sepekan belakangan Dewan Negara dan para Raja Negara Bagian di Malaysia mengadakan pertemuan tertutup demi membahas perihal pergantian takhta.
ADVERTISEMENT
Raja Termuda di Malaysia
Raja Malaysia Sultan Muhamad V Faris, menikahi, Oksana Voevodina
Raja Malaysia Sultan Muhamad V Faris dilaporkan menikahi Oksana Voevodina. (Foto: Twitter/@Eika_nadia)
Sultan Muhammad V menjadi raja termuda di Malaysia ketika diangkat pada 2016 di usia 49 tahun.
Berdasarkan peraturan di Malaysia, jabatan Raja dengan gelar Yang di-Pertuan Agong digilir bergantian setiap lima tahun di antara pemimpin di 9 negara bagian.
Dia juga merupakan Raja Malaysia pertama yang menjabat tanpa memiliki ratu atau Raja Permaisuri Agong di sisinya. Sultan Muhammad V menikahi wanita bernama Tengku Zubaidah Tengku Norudin, namun keduanya telah bercerai.
Sementara Voevodina yang dilaporkan menjadi istrinya saat ini, disebut berusia 25 tahun. Voevodina memenangkan mahkota Miss Moscow 2015 di usia 22 tahun.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan