kumparan
24 Oktober 2019 3:19

Raja Thailand Pecat dan Cabut Seluruh Gelar 6 Pejabat Kerajaan

Penobatan Raja Maha Vajiralongkorn
Raja Maha Vajiralongkorn yang baru dinobatkan terlihat selama prosesi penobatannya, di Bangkok, Thailand. Foto: REUTERS / Soe Zeya Tun
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn memecat enam orang pejabat kerajaan, Rabu (23/10). Mereka dianggap telah melakukan tindakan kejahatan yang merugikan kerajaan.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Reuters, Kamis (24/10), enam pejabat yang dipecat terdiri dari lima orang pria dan seorang wanita, di mana satu di antaranya adalah pejabat polisi dan dua lainnya merupakan pengawal kerajaan. Raja mencabut seluruh gelar dan pangkat mereka.
"Raja telah memerintahkan pemecatan mereka dari dinas kerajaan karena kesalahan disiplin mereka yang parah dan perbuatan yang dianggap sangat jahat," kata pengumuman kerajaan.
Tidak dijelaskan secara detail kejahatan yang dimaksud. Namun, menurut pernyataan kerajaan, enam pejabat itu melanggar disiplin dan menyebabkan kerusakan pada layanan kerajaan.
Pemecatan enam pejabat kerjaan ini dilakukan tiga hari setelah raja mencabut seluruh gelar dan pangkat selirnya, Sineenat Wongvajirapakdi, Senin (21/10). Sineenat dianggap tidak patuh terhadap peraturan kerajaan dan ingin menggeser posisi ratu.
ADVERTISEMENT
Setelah pencabutan gelar itu, keberadaan Sineenat belum diketahui. Namun, diduga pemecatan enam pegawai ini memiliki keterkaitan dengan pencabutan gelar Sineenat.
Sebagai informasi, Sineenat adalah selir pertama dalam 100 tahun di kerajaan Thailand. Wanita 34 tahun itu baru saja diumumkan menjadi selir pada Juni lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan