News
·
20 Januari 2021 16:42

Ridwan Kamil Bakal Relokasi Warga yang Tinggal di Sekitar Titik Longsor Sumedang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ridwan Kamil Bakal Relokasi Warga yang Tinggal di Sekitar Titik Longsor Sumedang (181245)
Proses evakuasi jasad dari timbunan longsor Sumedang, Jawa Barat, Rabu (13/1). Foto: Dok. Istimewa
Pemprov Jabar bakal merelokasi warga yang tinggal di sekitar titik longsor Sumedang ke tempat yang lebih aman. Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan pihaknya sedang menyiapkan lahan relokasi.
ADVERTISEMENT
Ia mengatakan, proses ini juga sedang dikoordinasikan dengan Kementerian PUPR dan BNPB yang nantinya menyiapkan bangunan.
"Tahap dua adalah persiapan relokasi nanti penyiapan lahan adalah urusan kabupaten dan provinsi sementara bangunannya nanti oleh PUPR bersama BNPB," kata pria yang akrab disapa Emil itu dalam keterangannya di Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (20/1).
Ridwan Kamil Bakal Relokasi Warga yang Tinggal di Sekitar Titik Longsor Sumedang (181246)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan keterangan pers Gedung Sate, Bandung, Kamis (19/11). Foto: Rachmadi Rasyag/kumparan
Emil tak menyebutkan secara rinci lokasi lahan yang disiapkan. Meski demikian, dia berharap warga dapat segera dialihkan ke tempat yang lebih aman.
"Mudah-mudahan semua bisa beralih dan semua bisa tenang tidak dihantui oleh was-was karena tinggal di daerah rawan," ucap dia.
Ridwan Kamil Bakal Relokasi Warga yang Tinggal di Sekitar Titik Longsor Sumedang (181247)
Foto udara tanah longsor di Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (12/1). Foto: Raisan Al Farisi/ANTARA FOTO
Total korban tewas akibat longsor di Cimanggung, Sumedang, mencapai 40 jiwa. Dengan ditemukannya seluruh korban, maka operasi SAR resmi dihentikan.
ADVERTISEMENT
"Pencarian SAR sudah dihentikan di Sumedang karena seluruh korban yang tertimbun oleh longsor sudah ditemukan," tandas Emil.