Satgas Damai Cartenz Tangkap Anggota KKB Perampas Senpi Petugas Polres Puncak

4 Maret 2024 11:11 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jukius Tabuni, anggota (KKB) yang ditangkap Satgas Damai Cartenz. dok Humas  Satgas Damai Cartenz.
zoom-in-whitePerbesar
Jukius Tabuni, anggota (KKB) yang ditangkap Satgas Damai Cartenz. dok Humas Satgas Damai Cartenz.
ADVERTISEMENT
Satgas Operasi Damai Cartenz menangkap satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) wilayah Puncak. Dia bernama Jukius Tabuni (32 tahun), bertempat tinggal di Kampung Yenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.
ADVERTISEMENT
Jukius merupakan pelaku perampasan senjata api milik anggota Pospol KP3 Polres Puncak.
"Jukius Tabuni ditangkap pada Sabtu 2 Maret 2024, di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, " kata Ka Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani, Senin (4/3).
Penangkapannya bermula dari laporan masyarakat yang memberikan informasi tentang keberadaan Jukius Tabuni di Kampung Kago. Tim Satgas Ops Damai Cartenz-2024 segera merespons dengan melakukan penangkapan.
"Ketika ditangkap, Jukius sedang mengendarai sepeda motor dan berhenti di depan kios," ucap Faizal.
Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024 AKBP Dr. Bayu Suseno menjelaskan, Jukius Tabuni terlibat dalam peristiwa perampasan senjata api anggota Pospol KP3 Udara Polres Puncak pada 1 Februari 2024.
ADVERTISEMENT
Peristiwa ini terjadi ketika Kapos Pol KP3 Udara dan dua personelnya hendak mengantarkan kendaraan roda dua milik Dinas BKD dari Bandara Ilaga menuju Kompleks Pasar menggunakan truk.
"Saat tiba di lokasi kejadian, terjadi serangan oleh orang tak dikenal (OTK) yang cepat membuka pintu truk dan merampas senjata api," jelas Bayu.
Kata dia, pelaku telah diamankan di Posko Ops Damai Cartenz-2024 wilayah Puncak untuk dilakukan pemeriksaan dan pengembangan.
"Penangkapan ini merupakan respons cepat dari Satgas Damai Cartenz 2024 dalam upaya mengatasi keamanan di wilayah Ilaga dan menegaskan komitmen aparat keamanan untuk melindungi masyarakat dari ancaman KKB, " tutupnya.
Satgas Damai Cartenz juga menyita beberapa barang bukti berupa KTP atas nama Jukius Tabuni, dua handphone, sebuah ATM Bank Papua, sebuah karabiner, sebuah dompet kulit buaya warna coklat, dan beberapa aksesoris lainnya.
ADVERTISEMENT